detikhealth

Gara-gara Smartphone, Makin Banyak Anak Muda Kena Text Neck

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Minggu, 16/04/2017 13:03 WIB
Gara-gara Smartphone, Makin Banyak Anak Muda Kena Text NeckFoto: Thinkstock
Jakarta, Nyeri leher dan tulang punggung atas karena penggunaan smartphone sering disebut sebagai text neck. Sebuah studi mengungkap kasus kejadian text neck di rumah sakit meningkat, terutama di kalangan anak muda.

dr Todd Lanman, pakar bedah saraf dari Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, mengatakan meningkatnya jumlah pengguna smartphone berbanding lurus dengan kasus kejadian nyeri leher di kalangan anak muda. Hal ini menurutnya terjadi karena penggunaan smartphone dalam jangka waktu lama dengan postus tubuh yang tidak baik.

"Normalnya, tulang leher agak bengkok ke belakang. Namun sering menunduk ketika menggunakan smartphone selama berjam-jam membuat leher menjadi bengkok ke depan," tutur dr Lanman, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Salah Postur Saat Duduk Bukan Penyebab Nyeri Leher

Studi yang dilakukan dr Lanman mengungkap seseorang menunduk saat menggunakan smartphone lebih dikarenakan berkirim pesan atau mengunakan media sosial. Di sisi lain, penggunaan smartphone untuk menonton video atau menjelajah internet memiliki risiko lebih kecil untuk membuat seseorang mengalami nyeri leher.

Dijelaskan dr Lanman ketika menghadap lurus ke depan, kepala memiliki berat sekitar 4,5 hingga 5,5 kilogram. Semakin menunduk, berat kepala yang harus ditanggung leher semakin parah. Ketika menunduk hingga 60 derajat, berat yang harus ditanggung leher bisa mencapai 28 kilogram.

Hal ini bisa menjadi masalah besar bagi generasi muda di masa depan. Saat ini, anak usia 8 tahun sudah memegang gadget selama berjam-jam. Dikatakan dr Lanman, bisa saja nantinya mereka bisa membutuhkan operasi leher di usia 28 tahun.

Ketika anak-anak yang tulangnya masih bertumbuh dan belum sempurna, penggunaan gadget yang berlebihan tentunya akan membuat anatomi tulangnya berubah. Risiko mengalami nyeri leher, masalah tulang belakang hingga harus menjalani operasi pun semakin besar.

"Dan ketika mereka akhirnya pergi ke dokter karena mengalami nyeri leher, kondisi tulang lehernya sudah buruk dan memiliki masalah pada cakram tulang belakangnya," tambahnya lagi.

Baca juga: Foto-foto Ini Buktikan 'Jahatnya' Kecanduan Ponsel Bagi Tulang Belakang


Apa Saja Dampak Kecanduan Gadget pada Anak dan Remaja? Simak Videonya Berikut Ini:





(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit