detikhealth

Cerita Atlet Renang AS yang Tetap Berlatih saat Hamil 6 Bulan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Selasa, 18/04/2017 11:06 WIB
Cerita Atlet Renang AS yang Tetap Berlatih saat Hamil 6 BulanFoto: Instagram/Dana Vollmer
Jakarta, Meski ajang Olimpiade Tokyo 2020 masih beberapa waktu lagi, namun tim renang AS telah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari, bahkan sejak hari ini. Tak terkecuali Dana Vollmer yang tengah berbadan dua.

Dana mengabarkan kehamilannya saat menjalani pertandingan pertamanya sejak tampil di Olimpiade Rio de Janeiro beberapa waktu lalu. Saat itu kehamilannya sudah memasuki usia enam bulan.

Tantangan pertama yang dihadapinya dalam latihan adalah menemukan baju renang yang tepat untuknya. Saat berkompetisi di olimpiade sebelumnya, ukuran bajunya berubah hanya 26, tetapi kini ia harus menambahnya menjadi 32.

"Kami harus menambah ukurannya agar bisa menyangga perut saya," katanya dalam sebuah wawancara yang disiarkan situs resmi tim AS.

Kendati begitu, Dana meyakinkan bahwa ia bisa ikut bertanding setelah mendapatkan izin dari dokter kandungannya. Sang dokter bahkan meminta Dana untuk memperbanyak latihan kekuatan saat hamil.

"Hitung-hitung ini memberi jeda dari keseharian saya mengurus seorang anak laki-laki berusia dua tahun yang berlarian kesana-kemari," katanya kepada ESPN sebelum perlombaan yang berlangsung di Mesa, Arizona tersebut.
Cerita Atlet Renang AS yang Tetap Berlatih saat Hamil 6 BulanFoto: Instagram/Dana Vollmer

Baca juga: Ketika Ibu Hamil 7 Bulan Lari Marathon 10 Km

Setelah memenangkan medali emas di nomor gaya kupu-kupu 100 meter di Olimpiade London, Dana sempat mengambil cuti untuk mengurus anak pertamanya, Arlen dan kembali aktif berlatih agar bisa ambil bagian di Olimpiade Rio de Janeiro.

Namun kali ini ia memutuskan untuk melanjutkan latihan. Dana sudah mengetahui jika bayi keduanya ini juga berjenis kelamin laki-laki dan diprediksi lahir pada bulan Juli mendatang.

"Karena saya yakin, menjaga kesehatan si bayi bukan berarti saya bisa duduk-duduk saja seharian," kata perenang berusia 29 tahun itu.

Namun untuk perenang profesional seperti Dana sekalipun, menyelesaikan gaya bebas sejauh 50 meter juga bukan perkara mudah. Pada akhirnya, Dana menduduki peringkat ke-55 dalam babak penyisihan dengan mencatat kecepatan 27,59 detik. Sebelumnya ia mencatatkan waktu hanya 25 detik untuk nomor yang sama.

"Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, 50 meter terasa begitu lama," imbuhnya.

Tetapi waktu bukanlah kekhawatiran Dana saat ini. Melihat timnya sekali lagi telah memberikan kebahagiaan tersendiri baginya. "Saya senang berada di sini, dan pertandingan tadi terasa luar biasa," tutupnya.

Dalam situs US Swimmer Masters sendiri dikatakan berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil, bahkan yang sudah hamil besar sekalipun. Namun jika masih ragu-ragu dan khawatir, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Baca juga: Wow! Ibu Ini Lakukan Chin Up Saat Hamil 41 Minggu
Cerita Atlet Renang AS yang Tetap Berlatih saat Hamil 6 BulanFoto: Instagram/Dana Vollmer

(lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close