detikhealth

Pijat Seusai Nyoblos, Ini Deretan Manfaat yang Bisa Didapat

Nurvita Indarini - detikHealth
Rabu, 19/04/2017 13:09 WIB
Pijat Seusai Nyoblos, Ini Deretan Manfaat yang Bisa Didapat Foto: Agung Pambudhy
Jakarta, Nyoblos dalam pilkada DKI sudah dilakukan. Selanjutnya untuk mengisi waktu libur mau apa lagi ya? Hmm, mungkin Anda bisa menggunakan jasa tukang pijat.

Ini dia sederet manfaat pijat yang bisa Anda dapatkan, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber:

1. Melawan Sakit
Pijat Seusai Nyoblos, Ini Deretan Manfaat yang Bisa Didapat Foto: Thinkstock

Jika Anda sedang merasa kurang enak badan, dengan pergi ke tukang pijat, mungkin akan membuat kondisi Anda menjadi lebih baik. Ini seperti hasil studi yang dilakukan oleh Cedars-Sinai Medical Center.

Kata studi tersebut, orang yang mendapatkan pijatan ala Swedia terbukti ada perubahan respons sistem imun setelah selesai menjalani sesi pemijatan. Pada mereka yang telah menjalani sesi pemijatan, ada peningkatan sirkulasi limfosit, salah satu jenis sel darah putih yang membantu mengatasi infeksi.

2. Mengatasi Nyeri Punggung
Pijat Seusai Nyoblos, Ini Deretan Manfaat yang Bisa Didapat Foto: ilustrasi/thinkstock

Mungkin Anda telalu lama berdiri atau terlalu lama duduk di TPS sehingga punggung menjadi pegal dan nyeri? Atau itu merupakan akumulasi kebiasaan terlalu lama duduk di kantor menghadapi komputer.

Nah, mumpung sedang libur, cobalah untuk mendapatkan jasa tukang pijat. Studi yang dilakukan Pain Medicine menemukan sekitar 50 persen orang yang mengalami nyeri punggung kronis mengalami perbaikan secara signifikan setelah mendapat 10 sesi terapi pijat.

Baca juga: Jenis-jenis Pijat & Manfaatnya

3. Bikin Rileks dan Bisa Bantu Atasi Stres
Pijat Seusai Nyoblos, Ini Deretan Manfaat yang Bisa Didapat Foto: Getty Images

Ingin rileks dan mengatasi stres? Cobalah melakukan aromatherapy massage. Pemijatan ini didasarkan pada prinsip sederhana yaitu dengan merangsang indra yang ada di tubuh. Berbagai minyak aromatik dengan aroma berbeda digunakan untuk mengurangi stres pada otot dan menyegarkan suasana.

Untuk otot yang tegang, bisa minta diberi pijatan Swedia lantaran ditengarai bisa meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam darah dan melepaskan racun dari dalam otot. Pemijatan teknik ini adalah dengan melibatkan gerakan tangan yang khas seperti meremas dan memberikan tinjuan ringan untuk menghilangkan rasa sakit.

4. Meningkatkan Mood
Pijat Seusai Nyoblos, Ini Deretan Manfaat yang Bisa Didapat Foto: ilustrasi/thinkstock

Berbagai alasan bisa membuat seseorang menjadi bete. Mungkin ada pengalaman tidak menyenangkan di tempat pemungutan suara (TPS) yang membuat mood baik Anda hancur berantakan.

Ketimbang manyun terus-terusan, cobalah untuk mendapatkan pijatan. Peneliti dari Taiwan menganalisis 17 penelitian dan menyimpulkan sesi terapi pijat secara signifikan mengurangi gejala depresi. Meski demikian butuh penelitian lanjutan untuk mencari tahu terapi pijat mana yang paling efektif.

5. Agar Nanti Malam Tidur Lebih Nyenyak
Pijat Seusai Nyoblos, Ini Deretan Manfaat yang Bisa Didapat Foto: thinkstock

Agar nanti malam tidur lebih nyenyak, ada baiknya juga Anda mendapatkan sesi pijat pada siang atau sore ini. Karena menurut penelitian, pijat bisa membantu seseorang mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak, utamanya bagi mereka yang mengalami sakit punggung.

Peneliti dari University of Miami School of Medicine mengamati 30 orang dewasa yang memiliki sakit punggung bawah kronis. Nah, orang-orang ini menjalani sesi pijat selama 30 menit setiap dua kali seminggu yang berlangsung selama 5 pekan. Hasilnya, mereka tak lagi sering terbangun di malam hari atau mengalami masalah tidur.

Baca juga: Asyik! Terapis Pijat dari Pasar Rebo Ajarkan Trik Atasi Susah Tidur(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit