detikhealth

Lebih Baper Mana, Lihat Foto Mesra Mantan Pacar atau Teman?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Sabtu, 22/04/2017 10:11 WIB
Lebih Baper Mana, Lihat Foto Mesra Mantan Pacar atau Teman?Foto: Twitter
Jakarta, Foto mesra kadang bisa bikin seseorang baper alias bawa perasaan. Tapi, di antara foto mesra mantan pacar, teman, selebriti, atau saudara, mana ya yang membuat seseorang lebih baper?

Dalam survei yang digelar detikHealth via twitter, dari 298 responden, 54 persen mengaku lebih baper jika melihat foto mesra mantan. Kemudian, 25 persen baper saat melihat foto mesra teman, disusul dengan baper melihat foto mesra selebriti dengan persentase 12 persen, dan baper melihat foto mesra saudara dengan persentase 9 persen.

Salah satu responden dengan akun @ChristopWilliam, mengatakan ia memilih baper karena melihat foto mesra selebriti. Misalnya saja pasangan Cut Tary dan Yusuf subrata. Sementara, netizen bernama Rico Achmad mengatakan mantan seharusnya jadi teman. "Jangan saling benci," ujarnya.

Terkait baper, psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani M.Psi., Psikolog mengatakan baper ketika melihat foto mesra mantan kekasih bisa karena beberapa kemungkinan. Pertama, masih memiliki perasaan dengan sang mantan.

"Kedua namanya pernah menjalin hubungan, pastilah ada, ngerasa belum rela dia sama orang lain. Kitanya memang udah nggak sayang, tapi belum rela aja kalau dia sama yang lain. Atau mungkin memang sirik aja, jadi merasa kok dia lebih bahagia dibanding gue dengan pasangan yang sekarang ya," kata wanita yang akrab disapa Wita ini saat berbincang dengan detikHealth.

Survei detikHealth tentang baperSurvei detikHealth tentang baper Foto: Twitter

Baper ketika melihat foto mesra teman juga bisa terjadi. Hal ini, kata Wita, bisa terjadi karena dengan teman, pada dasarnya kita akan lebih sering bertemu. Terlebih ketika sedang bersama dengan teman-teman, bukan tak mungkin seseorang akan mendapat pertanyaan yang leboih jelas. Misalnya, dalam satu kelompok pertemanan tinggal 2 orang yang belum menikah, bukan tak mungkin mereka berdua akan terus ditanyai kapan akan menyusul.

Baca juga: Cara Agar Bisa 'Move On' dari sang Mantan

"Kalau sama sepupu, mungkin kalo seangkatan atau seumuran ya bakal ditanyain kayak gitu," tambah wanita yang juga praktik di Klinik Psikologi Terapan UI ini.

Lalu, bagaimana jika baper ketika melihat foto mesra selebriti? Menurut Wita, itu juga bisa muncul karena ketika sering melihat unggahan foto seseorang dengan pasangannya, orang yang melihat bisa merasa kapan giliran dirinya seperti itu (mesra dengan pasangan). Hal ini, kata Wita, tak lepas dari kesendirian, perasaan kesepian, dan perasaan ingin memiliki seseorang yang ada.

Sehingga, saat melihat unggahan foto seperti itu di sosial media, akan meningkatkan dan memicu rasa kesepian serta rasa keinginan untuk memiliki seseorang.

"Kalau nggak melihat ya kita mungkin biasa aja. Jadi baper itu muncul karena ada stimulus. Makanya, kalau habis putus cinta terutama untuk yang usianya 20-an, ya baiknya stop aja dulu lihat sosmed, daripada kita merasa marah atau sedih banget. Kita hindari sementara stimulus atau sumbernya," tutur Wita.

Ia menambahkan, respons baper tidaknya seseorang melihat foto mesra kembali lagi ke masing-masing individu. Wita menekankan, ketika melihat konten seperti itu, kembalilah lagi pada persepsi bahwa di sosial media tidak seperti yang sebenarnya dilihat.

"Yang indah-indah ya di situ aja. Kita nggak pernah tahu masalahnya. Jadi kalau melihat konten yang kayak gitu ya sudahlah, nggak usah dibawa ke hati banget," tutur Wita.

Baca juga: Menghadapi Mantan Pacar yang Muncul Lagi Saat Mempersiapkan Pernikahan

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit