detikhealth

Mengenal Vaksin MR, Pengganti MMR yang Stoknya Sudah Lama Kosong

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 26/04/2017 12:02 WIB
Mengenal Vaksin MR, Pengganti MMR yang Stoknya Sudah Lama KosongFoto: thinkstock
Jakarta, Tahun ini, pemerintah menargetkan akan mulai melaksanakan kampanye vaksin-vaksin baru, di antaranya vaksin MR alias Measles Rubella. Program ini dilakukan lebih dulu di pulau Jawa pada bulan Agustus sampai September 2017. Fase 2, program vaksin MR dilakukan di bulan Agustus sampai September 2018.

Vaksin ini disebut-sebut akan menjadi alternatif pengganti vaksin MMR atau Mumps Measles Rubella, yang stoknya sudah lama kosong.

"Iya MMR kan kosong, tapi nanti pemerintah mengadakan vaksin MR, ini gantinya. Jadi tidak pakai mumps atau gondongan," tutur dr Piprim B. Yanuarso, SpA(K) baru-baru ini.

Baca juga: Kata Dokter, Ini Daftar Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi

Menurut dokter anak sekaligus Sekretaris Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tersebut, dari sisi beratnya penyakit, measles dan rubella dianggap lebih berat sehingga vaksinnya menjadi MR.

"Jadi ulangan campak (measles), plus rubella. Kalau ulangan pakai campak saja kan R-nya (rubella-nya) tidak ada," imbuh dr Piprim.

Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

Selain vaksin MR, tahun ini rencananya pemerintah akan menambahkan dua vaksin baru dalam program imunisasi dasar lainnya yakni Japanese Encephalitis (JE) dan Pneumococcus.

Imunisasi JE diberikan untuk melindungi dari radang otak akibat infeksi virus Japanese Ensefalitis. Sementara itu, imunisasi Pneumococcus diberikan untuk melindungi anak-anak dari radang paru akibat infeksi bakteri Pneumococcus.

Baca juga: Ingat! Kanker Serviks 100 Persen Bisa Dicegah


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close