detikhealth

Virus Flu Burung H7N3 Serang Peternakan Ayam di Meksiko

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sabtu, 06/05/2017 12:15 WIB
Virus Flu Burung H7N3 Serang Peternakan Ayam di Meksikoilustrasi peternakan ayam (Muhammad Idris/detikFinance)
Jakarta, Wabah flu burung H7N3 kini sudah merambah Amerika Selatan. Virus yang mudah menular di antara unggas tersebut diketahui menyerang sebuah peternakan ayam di Meksiko.

Laporan dari Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) mengatakan virus H7N3 terdeteksi pada peternakan ayam di kota Tepatitlan de Morelos. Untuk menghindari penyebaran meluas, peternakan ayam tersebut sudah dikarantina oleh dinas peternakan setempat.

"Meksiko termasuk salah satu negara pengekspor ayam terbesar di dunia. Untuk itu penanganan kasus yang terjadi ini harus maksimal untuk menghindari risiko penyebaran ke negara lain," tulis OIE dalam keterangannya dikutip dari Reuters.

Baca juga: Virus Flu Burung yang Landa China Disebut Lebih Ganas dan Sulit Dideteksi

Sebagai negara pengekspor ayam, keamanan peternakan Meksiko sebenarnya cukup maksimal. Sekitar 15.000 ayam di peternakan tersebut sudah divaksinasi dan tidak menunjukkan adanya gejala yang parah.

Namun demi menghindari penyebaran yang lebih luas, ayam-ayam yang diduga sudah terinfeksi pun dimusnahkan. SENASICA, lembaga yang mengawasi sanitasi pertanian dan peternakan Meksiko menyebut kasus serupa dalam skala yang lebih kecil pernah terjadi pada tahun 2012.

"Temuan kasus saat ini pun merupakan bagian dari program pengawasan yang bertujuan mencegah flu burung merajalela di Meksiko," paparnya.

Baca juga: Di Tahun 2017, Kemenkes Bersiap Hadapi Kembalinya Ancaman Flu Burung(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit