detikhealth

Lencana untuk Ibu Hamil Agar Mudah Dapat Tempat Duduk di Kereta

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 17/05/2017 18:05 WIB
Lencana untuk Ibu Hamil Agar Mudah Dapat Tempat Duduk di KeretaLencana khusus ibu hamil yang naik kereta. (Foto: Twitter / MTA)
Jakarta, Susah mendapat tempat duduk ketika naik transportasi umum seperti kereta atau bis kerap dialami ibu hamil. Nah, agar ibu hamil lebih mudah mendapat tempat duduk, kota New York City membuat pilot project di mana para ibu hamil diberikan lencana.

Hal ini mengingat ketika hamil, sudah pasti beban tubuh ibu bertambah. Belum lagi kondisi kaki yang bengkak dan berdiri lama bisa berisiko bagi keselamatan ibu hamil. Maka dari itu, New York City menawarkan dua lencana untuk ibu hamil yang bisa dipakai sebagai penanda si wanita tengah hamil dan butuh tempat duduk.

"Ada dua lencana, bertuliskan 'Baby on Board' dan 'Please offer me a seat'. Untuk lencana dengan tulisan kedua, ini bisa juga dipakai lansia dan orang difabel yang memang mendapat prioritas tempat duduk di transportasi umum. Kami harap kampanye ini bisa menolong orang lain yang butuh tempat duduk tanpa harus bertanya tentang kondisi si penumpang lain," kata Direktur Eksekutif MTA Ronnie Hakim, dikutip dari Fit Pregnancy.

Dengan adanya lencana ini, diharapkan pula penumpang yang menggunakan headphone bisa melepasnya sejenak dan lebih memperhatikan penumpang lain yang memang lebih membutuhkan tempat duduk. Seorang ibu bernama Mila Radulovic mengaku akan mengenakan lencana ini jika dia hamil lagi. Meski bisa saja tidak terlalu efektif, setidaknya lencana ini bisa menumbuhkan kesadaran bahwa ada wanita hamil dan orang lain bisa mempertimbangkan memberi mereka tempat duduk.

Baca juga: Pegal dan Pinggang Kram Selama Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meski begitu, beberapa ibu masih enggan mengenakan lencana ini. Seperti Amy Oztan yang ragu apakah lencana ini benar-benar efektif membuat orang tergerak hatinya memberi tempat duduk. Senada dengan Amy, ibu lain bernama Erin Howard mengaku tidak akan memakai lencana ini. Sebab, menurutnya remaja, anak-anak muda, dan orang-orang di usia 20-an tahun umumnya akan pura-pura tidur atau bersembunyi di balik koran mereka.

Ketika naik angkutan umum seperti kereta dan bis, memang sudah seharusnya ibu hamil mendapat bangku prioritas, demikian disampaikan dr Hari Nugroho SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr Soetomo Surabaya. Dikatakan dr Hari, ibu hamil tidak boleh berdiri terlalu lama karena akan meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur akibat tekanan pada mulut rahim yang disebabkan oleh gravitasi saat dia berdiri.

"Proses kelahiran terjadi ketika rahim turun sehingga menimbulkan tekanan dan membuka leher rahim. Kalau terlalu lama berdiri, beban kehamilan akan membuka leher rahim sehingga proporsi untuk keguguran atau kelahiran prematur lebih tinggi," tutur dr Hari.

Alasan lain mengapa ibu hamil harus mendapat bangku prioritas karena beban kerja jantungnya lebih tinggi sebab ia harus memompa cairan ke seluruh tubuh lebih banyak. Lebih lanjut, dr Hari menjelaskan pada posisi berdiri, akan lebih banyak darah yang turun ke bagian bawah tubuh sehingga aliran darah tidak terlalu optimal untuk janin di rahim.

"Orang hamil itu kan ibaratnya menghidupi dua orang, jadi butuh life support 24 jam untuk rahimnya. Vitalitas tubuh ibu hamil juga lebih rendah dari orang tidak hamil," kata dr Hari.

Menurut Anda, kalau di Indonesia terutama Jakarta, perlukah lencana seperti ini?

Baca juga: Pertolongan Pertama untuk Ibu Hamil yang Sakit Kepala(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit