detikhealth

Lewat Foto, Ibu Ini Tunjukkan Perjuangan Jalani Operasi Caesar

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 18/05/2017 12:03 WIB
Lewat Foto, Ibu Ini Tunjukkan Perjuangan Jalani Operasi CaesarFoto: Instagram/Olivia White
Melbourne, Sebagian ibu berpikir operasi caesar saat melahirkan tidak lebih 'ngoyo' daripada melahirkan secara normal. Tetapi seorang ibu muda mengingatkan bahwa prosedur ini pun tak mudah.

Ibu bernama Olivia White itu bahkan memperlihatkan bekas lukanya setelah menjalani operasi caesar saat melahirkan anak keduanya lewat akun Instagram.

Namun yang menarik, ia menyertakan keterangan yang 'tak basa-basi' di bawah foto tersebut. "Bagi siapapun yang mengira ini adalah cara mudah, ya, bayangkan saja ada luka sepanjang 6 inci (15 cm, red) di perut Anda seperti habis dimakan hiu," tulisnya.

Foto ini pun sebenarnya foto lama. Saat wanita asal Melbourne itu melahirkan anak keduanya, Theodora yang kini telah menginjak usia 1 tahun. Awalnya ia tidak ingin membagi foto itu karena alasan personal, tetapi ia merasa ini penting untuk mengubah persepsi orang tentang operasi caesar.

"Saat itu teman saya yang baru saja menjalani operasi caesar datang ke saya dan mengatakan semua orang membuatnya berpikir ini adalah cara mudah, tetapi ternyata tidak, dan ia kecewa pada dirinya sendiri karena tidak bisa melahirkan secara normal," ujar Olivia kepada Today.com.

Wanita yang juga blogger ini pun sepakat. Apalagi ia juga melahirkan anak pertamanya, Annabelle (3) lewat operasi caesar.

"Saya tak pernah tahu bagaimana rasanya kontraksi dan mendorong itu. Banyak yang bilang saya beruntung tapi saya tidak percaya. Jadi saya pun ingin membagikan foto yang menunjukkan realitas dari operasi caesar itu sendiri," lanjutnya.
Olivia dan kedua putrinya (Foto: Instagram/Olivia White)Olivia dan kedua putrinya (Foto: Instagram/Olivia White) Foto: Instagram/Olivia White

Baca juga: Begini Proses Kelahiran Bayi Sungsang Melalui Operasi Caesar

Nyatanya banyak netizen yang sependapat dengan Olivia. Baru sepekan diunggah, foto itu telah mendapatkan 'like' lebih dari 2.000 kali dan terus bertambah setiap harinya. Banyak pula netizen yang menyertakan komentar mereka.

Salah satunya @juleskg. Wanita ini bahkan bercerita bahwa ia melahirkan keempat anaknya lewat operasi caesar.

"Bekas lukanya bagiku tidak seberapa dan saya tak mempermasalahkan perut saya yang menggelambir. Saya juga mendapatkan banyak komentar negatif serta sempat menyesalinya, tapi yang terpenting adalah bayi-bayi saya lahir selamat. Mudah? ppfftt pasti komentar dari orang yang tak tahu apa-apa," tulisnya.

Sama halnya dengan @juleskg, Olivia juga ingin orang lain atau siapapun yang membaca unggahannya tahu bahwa ini adalah proses yang bisa saja dilalui oleh wanita manapun demi melahirkan buah hatinya. Dan ini menunjukkan betapa kuat dan tangguhnya para ibu.

Baca juga: Cerita di Balik Foto Luka Caesar Seorang Ibu yang Jadi Viral

Pada dasarnya, operasi caesar hanya disarankan untuk wanita hamil yang mengalami komplikasi. Kalau tidak ada komplikasi, dokter akan tetap menyarankan untuk melahirkan secara normal sebab operasi caesar memiliki risiko yang lebih besar dibanding persalinan normal.

Menurut dr Hari Nugroho, SpOG dari dari Divisi Ginekologi Onkologi Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD dr Soetomo Surabaya, risiko operasi caesar antara laun perdarahan, infeksi, nyeri, perlekatan organ karena operasi dan beragam komplikasi akibat pembiusan yang jauh lebih tinggi dibanding persalinan normal.

"Ini berguna apabila terjadi gawat janin. Ibu tidak mengalami nyeri, karena dalam pengaruh obat bius. Tetapi risiko yang terjadi akibat operasi lebih besar dibanding hanya menghindari nyeri, hal ini yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil," tegasnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.(lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit