detikhealth

Hati-hati, Bagian Fidget Spinner Ini Bisa Bikin Tersedak

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 18/05/2017 13:40 WIB
Hati-hati, Bagian Fidget Spinner Ini Bisa Bikin TersedakFoto: Facebook/Kelly Rose Joniec
Texas, Fidget spinner tak hanya tengah digilai anak-anak tetapi hingga orang dewasa. Namun seorang wanita di AS mewanti-wanti mainan ini bisa saja menimbulkan bahaya, seperti halnya yang dialami buah hatinya.

Lewat akun Facebook-nya, Kelly Rose Joniec menceritakan insiden yang menimpa putrinya, Britton beberapa waktu lalu. Saat itu mereka tengah berkendara menuju rumah ketika Britton tiba-tiba tersedak sesuatu di kursi belakang.

"Saya tengok dari cermin depan, saya lihat wajahnya memerah dan air liur keluar dari mulutnya. Ia juga terlihat panik jadi saya langsung menepi," tulis Kelly.

Sembari menunjuk-nunjuk tenggorokannya, Kelly menyimpulkan bahwa putrinya tersedak. Kelly pun mencoba membantunya dengan melakukan manuver Heimlich, tetapi tak berhasil.

"Dia bilang tadinya meletakkan salah satu bagian dari fidget spinnernya ke dalam mulut untuk dibersihkan, dan tak tahunya tak sengaja menelannya," lanjut Kelly.

Baca juga: Begini Cara Pakai Fidget Spinner, Mainan Kekinian untuk Kendalikan Stres

Dengan gerak cepat, Kelly langsung membawa Britton ke IGD terdekat. Sayangnya dokter yang berjaga tidak dapat mengatakan dimana obyek itu tertahan. Britton kemudian dibawa dengan ambulans ke Texas Children's Hospital dan lewat sinar X, logam itu ditemukan di dalam kerongkongan bocah berusia 10 tahun itu.

"Britton dibawa ke ruang operasi untuk mengangkat obyek itu. Untungnya hasilnya baik, tapi saya sempat ketakutan, bukan hanya karena insiden ini tetapi juga komposisi dan struktur dari obyek tersebut, termasuk risiko bius," tulis Kelly lagi.
Hati-hati, Bagian Fidget Spinner Ini Bisa Bikin TersedakFoto: Facebook/Kelly Rose Joniec

Unggahan Kelly pun dibagi hingga lebih dari 656.000 kali di laman Facebook-nya. Ibu asal Houston, Texas ini berharap kisahnya bisa menjadi pelajaran bagi orang tua lainnya terkait mainan yang sedang 'ngetren' tersebut.

"Anak dari segala umur bisa saja memainkannya, tetapi tidak semua spinner disertai peringatan. Padahal cakramnya mudah sekali copot jadi jika Anda punya anak kecil, ingatlah bahwa mainan ini berpotensi memicu tersedak," pesannya seperti yang diungkapkan kepada Today.com.

Baca juga: Diklaim Bisa Redakan Stres, Fidget Spinner Digemari Anak Hingga Dewasa

Dikutip dari CNN, Kamis (18/5/2017), US Consumer Product Safety Commission juga menyampaikan peringatan pada para orang tua agar menjauhkan bagian-bagian kecil mainan dari anak-anak kecil untuk menghindari risiko tertelan dan tersedak. Jadi tidak hanya bearing fidget spinner saja, tapi juga mainan yang lain. Paling tidak orang tua perlu memberikan pengawasan saat anak-anak di bawah tiga tahun sedang bermain-main.

Selain mainan, hal-hal yang bisa bikin anak berusia di bawah tiga tahun tersedak adalah makanan dan koin. Ukuran, bentuk dan konsistensi bahan-bahan yang bikin tersedak itu mempengaruhi bahaya atau tidaknya kondisi tersebut.

Soal tersedak pada anak-anak juga jangan diremehkan. Sebab beberapa kali dilaporkan nyawa melayang akibat anak-anak di bawah usia tiga tahun tersedak makanan ataupun benda kecil lainnya.

Fidget spinner telah lama dipergunakan guru, konselor dan terapis, utamanya pada anak dengan gangguan tumbuh kembang seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder). Namun seiring dengan perkembangan zaman, mainan ini makin dikenal luas di berbagai kalangan.(lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit