detikhealth

Kata Dokter Gigi Soal Bau dan Warna Air Liur untuk Deteksi Penyakit

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kamis, 18/05/2017 18:03 WIB
Kata Dokter Gigi Soal Bau dan Warna Air Liur untuk Deteksi PenyakitFoto: iStock
Jakarta, Sebuah postingan yang viral di media sosial dan grup Whatsapp menyebut pemeriksaan kesehatan kini tak perlu lagi pergi ke dokter. Sebabnya, penyakit yang dialami seseorang bisa dideteksi hanya dengan melihat warna dan bau air liur.

Dalam postingan tersebut, disebutkan bahwa dengan mengusapkan sendok ke permukan lidah dan meletakkannya di bawah cahaya terang, warna dan bau air liur bisa terlihat. Jika air liur berbau manis misalnya, tandanya mengidap diabetes.

Lain lagi jika ada noda berwarna putih atau kuning, tandanya mengalami disfungsi kelenjar tiroid. Bahkan jika noda air liur di sendok berwarna ungu, disebut-sebut sebagai tanda mengidap penyakit bronkitis, sirkulasi darah yang buruk dan kadar kolesterol yang tinggi.

Baca juga: Sendok Disebut Bisa Digunakan untuk Check Up Medis

Terkait hal ini, drg Melissa Adiatman, PhD, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, mengaku baru mendengar soal kabar tersebut. Menurutnya, kabar tersebut belum terbukti benar jika tidak memiliki bukti dari sisi ilmiah.

"Kalau menurut kami, ini belum ada evidence penelitiannya. Jadi belum bisa diklaim benar," tutur drg Melissa kepada detikHealth.

Dikatakan drg Melissa, air liur mengandung berbagai enzim, protein, mineral dan zat-zat lain. Volume air liur bervariasi tergantung waktu, serta dipengaruhi oleh usia dan jenis kelamin.

Terkait bau dan warna yang menempel di sendok, dikatakan drg Melissa hal tersebut bukan berasal dari air liur. Bau dan warna yang menempel lebih dikaitkan dengan kebersihan dan kesehatan mulut.

"Bau dan warna itu biasanya bukan datang dari air liurnya, tapi kebersihan mulut yang buruk," tambah drg Melissa.

Bau mulut dan air liur memang sangat berkaitan. Air liur di dalam mulut penting untuk membersihkan mulut bagian dalam dan mencegah bakteri berkembang biak.

Semakin sedikit air liur, maka bau mulut akan semakin kuat. Itulah penyebab mengapa seseorang yang dehidrasi, banyak bicara hingga sedang puasa sangat rentan mengalami bau mulut.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Nekat Tidak Gosok Gigi Selama Setahun


(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit