Hari Anak Nasional

Pembengkakan Otak Seperti Dialami Nicky Hayden, Apa Saja Penyebabnya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 19/05/2017 14:05 WIB
Pembengkakan Otak Seperti Dialami Nicky Hayden, Apa Saja Penyebabnya?Ilustrasi Nicky Hayden saat di Australia tahun 2017 (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta, Trauma yang dialami Nicky Hayden begitu serius. Sebuah pernyataan menyebut pebalap World Superbike dari tim Red Bull Honda ini mengalami cerebral edema.

Pembengkakan otak, nama lain dari cerebral edema, bisa terjadi karena berbagai sebab. Di antaranya karena cedera, penyakit, atau sebab lain. Bila tidak tertangani, kondisi ini akan meningkatkan tekanan otak atau intracranial pressure (ICP).

Mengingat otak adalah salah satu bagian paling vital pada tubuh manusia, peningkatan ICP bisa berakibat fatal dan bahkan bisa mematikan. Tekanan tersebut bisa menghambat suplai oksigen, sehingga sel-sel otak gagal menjalankan fungsinya sebagai pusat kendali sistem saraf.

Selain karena cedera, pembengkakan otak juga bisa terjadi karena infeksi. Meningitis atau radang selaput otak yang dipicu oleh kuman, dan bisa memicu edema atau pembengkakan di otak. Demikian juga dengan infeksi lain seperti encephalitis atau radang otak.

Baca juga: Kerusakan Otak Serius Seperti Nicky Hayden, Bisakah Sembuh Total?

Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah operasi pembedahan. Bisa berupa tindakan dekompresif dengan mengangkat sebagian tulang tengkorak, atau tindakan mengangkat pemicu pembengkakan seperti tumor atau pembuluh darah yang rusak.

Dalam kasus Nicky Hayden, tim dokter dikabarkan belum bisa melakukan operasi dengan segera. Kondisi pria asal Amerika Serikat tersebut disebut-sebut masih sangat kritis karena selain mengalami kerusakan otak juga mengalami sejumlah patah tulang. Demikian seperti dikutip dari motorsport.com.

Baca juga: Kenapa Trauma Otak Bisa Terjadi dan Apa Bahayanya?

(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit