detikhealth
Konsultasi Anak
dr. Firmansyah, SpA

Spesialis Anak di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

Mengatasi Bayi yang Susah Makan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 05/06/2017 11:33 WIB
Mengatasi Bayi yang Susah MakanFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Assalamualaikum Dok, saya mau tanya, saya mempunyai anak bernama Hafidz, usia dua puluh dua bulan, berat badan (BB) 8 kg dan tinggi badan (TB) 77 cm.

Dia susah sekali makan, maunya minum susu saja. Kalaupun makan paling cuma 2-4 suap itupun sedikit-sedikit. Buang air besar (BAB) selalu sembelit sampai-sampai ada benjolan di lubang anusnya.

Saya periksakan ke bidan, katanya ini wasir setelah diberi obat sekarang wasirnya tinggal satu tadinya ada tiga dan kecil-kecil.

Beberapa hari yang lalu anak saya demam, saya bawa ke dukun bayi lalu dukun bayi ini tanya, 'anak susah makan ya? BAB-nya bermasalah?' saya jawab 'iya Bu kenapa ya'. Katanya ini ususnya ada yang bermasalah.

Saya bingung Dok, harus bagaimana supaya anak saya doyan makan, soalnya ketika dia lapar saya beri makan dia tidak mau Dok. Maunya susu saja, cemilan pun dia tidak mau. Mohon dijawab ya Dok. Terimakasih.

Nirmala (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Ibu Fika Nirmala Yth,

Ibu perlu mengubah cara makan dan jenis makanan dari cair ke padat secara bertahap, dengan komposisi yang sedikit tapi gizi seimbang. Utamakan mengonsumsi tinggi protein karena anak Ibu berada pada periode emas pertumbuhannya.

dr. Firmansyah, SpA
Spesialis Anak di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit