Hari Anak Nasional

Membentuk Pribadi Anak Sejak Dini, Jadilah Role Model untuknya

Widiya Wiyanti, Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 08/06/2017 08:35 WIB
Membentuk Pribadi Anak Sejak Dini, Jadilah Role Model untuknyaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Hampir semua orang mendambakan anak memiliki kepribadian yang baik, seperti menjadi mandiri dan disiplin hingga mereka beranjak dewasa. Sifat semacam itu tidak akan muncul dengan sendirinya, namun harus ditanamkan sejak dini.

Maka dari itu, orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Terutama seorang ibu, Ia adalah contoh pertama yang dilihat oleh anak.

"Mom, you are a role model, not a super model," tutur psikolog anak, Novita Tandry.

Saat ditemui pada temu media di Hotel Shangri-La, Jalan Jendral Sudirman Kav 1, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017), Novita menekankan bahwa seorang ibu patut menjadi contoh yang teladan bagi anaknya. Ia harus memberikan contoh yang baik agar diikuti dan dijadikan suatu kebiasaan yang dibawa hingga dewasa.

"Kita tidak bisa mengajarkan apa yang tidak kita punya. Bila kita mengajarkan anak disiplin, ya kita harus disiplin," kata Novita kepada detikHealth.

Baca juga: Mengatasi Bayi yang Susah Makan

Menjadi role model bagi anak tidaklah sulit, salah satunya dengan memberikan contoh pada saat makan. Novita menyarankan agar membiasakan anak untuk makan bersama dengan seluruh anggota keluarga sejak kecil. Selain dapat membangun hubungan komunikasi yang lebih kuat, anak juga dapat mencontoh kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang tua saat sedang makan.

"Kalau ayah dan ibunya makan dengan mangkuk besar dan porsi besar, itu bisa diturunkan di keluarga dan diikuti oleh anaknya," tambah Novita.

Pada saat itulah fungsi dari diterapkannya contoh-contoh teladan oleh orang tua dapat diserap dan diingat oleh anak. Apapun yang dilakukan oleh orang tua terutama ibu sebagai role model, pasti dijadikan suatu panutan.

Maka, jadilah role model yang baik dengan selalu melakukan hal-hal positif untuk membentuk pribadi anak yang baik pula.

Baca juga: Wonder Woman Kalah! Wanita Ini Jadi 'Spider-Mom' karena Olahraga Ekstrem(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit