detikhealth

Penyalahgunaan Obat Penenang Benzodiazepine Paling Rentan Dilakukan Remaja

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kamis, 08/06/2017 14:36 WIB
Penyalahgunaan Obat Penenang Benzodiazepine Paling Rentan Dilakukan RemajaBenzodiazepine adalah golongan obat penenang yang termasuk rentan disalahgunakan (Foto: ilustrasi obat/thinkstock)
Jakarta, Benzodiazepine adalah golongan obat penenang yang digunakan untuk mengatasi keluhan gelisah, cemas, hingga insomnia yang dirasakan oleh pasien gangguan kecemasan. Namun pada praktiknya benzodiazapine rentan disalahgunakan, terutama oleh kalangan remaja.

Edo Agustian, Koordinator Persaudaraan Korban NAPZA Indonesia (PKNI) mengatakan ada alasan khusus mengapa remaja rentan menyalahgunakan obat penenang yang biasa disingkat benzo ini. Yakni kurangnya pemahaman dan informasi terkait bahaya dan efek samping penggunaan obat penenang tanpa resep.

Baca juga: Mengenal Benzodiazepin yang Bikin VM Halusinasi Sampai Nyaris Bugil

"Karena tidak punya cukup pengetahuan, ikutin tren yang ada. Dilihatnya keren menggunakan obat-obatan ini padahal nggak punya pengetahuan yang cukup soal apa yang ia pakai," tutur Edo kepada detikHealth, ketika ditemui di daerah Cikini, baru-baru ini.

Baca juga: PKNI Soroti Obat Penenang Benzodiazepine yang Rentan Dijual Bebas
https://health.detik.com/read/2017/06/08/122810/3524081/763/pkni-soroti-obat-penenang-benzodiazepine-yang-rentan-dijual-bebas?l992205755

Contoh paling nyata menurut Edo dapat dilihat pada anak-anak jalanan yang 'ngelem'. Mereka tidak tahu apa yang diisap dan mengapa timbul sensasi seperti terbang dan melayang, atau yang biasa disebut 'high'.

Berdasarkan pengalamannya mengadvokasi korban NAPZA, Edo menyebut benzodiazepine memiliki efek menenangkan. Obat ini biasa digunakan oleh para mantan pecandu NAPZA yang sedang dalam masa pemulihan dan mengalami gejala putus obat.

Baca juga: Obat Penenang Banyak Disalahgunakan dengan Resep Curian

"Misalnya pemakai heroin, itu gejala putus obatnya sangat kuat sekali ya, mereka rentan depresi. Nah, penggunaan benzo ini sangat membantu sekali karena menenangkan," tambahnya lagi.

Edo juga menolak stigma terhadap anak yang berasal dari keluarga broken home. Menurutnya untuk bisa terjerumus menjadi pecandu, banyak faktor yang bisa memengaruhi termasuk lingkungan sekitar dan pertemanan.

Baca juga: 5 Fakta Tentang Xanax, Obat Penenang yang Diminum Marshanda Sejak SMP

(mrs/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close