detikhealth

Cegah Kecelakaan, Kemenkes Akan Cek Kesehatan Pengemudi di Terminal

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 15/06/2017 05:17 WIB
Cegah Kecelakaan, Kemenkes Akan Cek Kesehatan Pengemudi di TerminalSopir Bus AKAP Jalani Tes Urine di Terminal Depok (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta, Dalam menempuh perjalanan pulang menuju kampung halaman, tak jarang ditemui beberapa hambatan. Baik kemacetan maupun masalah kesehatan.

Pada acara Mudik Sehat yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan RI, Rabu (14/6/2027), disebutkan bahwa Kemenkes akan tetap melakukan sejumlah upaya dalam memastikan kesehatan para pemudik agar terhindar dari peristiwa yang tak diinginkan. Di antaranya dengan melakukan pengecekan kesehatan pengemudi di 40 terminal besar yang mencakup tes narkoba, tes alkohol, pengukuran gula darah, dan beberapa pemeriksaan fisik lainnya.

Baca Juga: Pesan Kemenkes RI untuk Anda yang Ingin Berangkat Mudik Hari Ini

"Nanti setelah hasilnya keluar, kami akan merekomendasikan apakah pemudik layak untuk meneruskan perjalanan atau tidak, namun kebijakan tersebut ditentukan oleh pihak Kementerian Perhubungan," ujar dr Bambang Wibowo, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI kepada detikHealth.

Selain itu, Kemenkes berkerjasama dengan beberapa pihak lain akan memberikan info dan tips mudik aman. "Hal ini sebagai langkah promotif preventif dari kami," jelas dr Bambang.

Tips mudik sehat seperti imbauan tidak menerima makanan dari orang lain dan tidak membuang sampah sembarangan akan terpampang di beberapa titik jalur mudik dengan bentuk baliho atau stiker yang dibagikan.

Untuk mengantisipasi kejadian kecelakaan tahun lalu seperti yang terjadi di pintu keluar tol Brebes (Brexit), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) membangun jalan fungsional sepanjang 110 km. Jalan tol fungsional tersebut terbentang dari Brebes hingga Gringsing guna memecah arus mudik. Bersama PT Jasa Marga, akan ada beberapa jalur fungsional lain seperti exit Kedung Segog dan exit Banyu Putih.

Baca juga: Tips Mudik Sehat dan Aman

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit