Hari Anak Nasional

5 Tips Puasa Lancar Saat Mudik Lebaran

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Selasa, 20/06/2017 02:19 WIB
5 Tips Puasa Lancar Saat Mudik LebaranJalur Nagreg mulai dipadati pemudik (Foto: Wisma Putra)
Jakarta, Perjalanan mudik menuju kampung halaman harus dilakukan saat tubuh fit dan bugar. Sebabnya, perjalanan mudik untuk merayakan hari raya tak boleh sampai membatalkan ibadah puasa.

Agar perjalanan mudik saat puasa lancar, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Tips utamanya tentu saja tidak melewatkan makan sahur dan berbuka puasa, serta cukup tidur dengan bergantian saat menyetir.

Nah, selain tiga hal tersebut, masih ada 5 tips lain agar puasa tetap lancar saat mudik. Apa saja? Simak di sini bagian pertamanya:



1. Sedia obat


Agar selama perjalanan tetap sehat, jangan lupa sediakan obat, terutama bagi pasien penyakit kronis. Sediakan pula obat-obat untuk pertolongan pertama bagi penyakit yang rentan menyerang saat mudik yakni diare, sakit kepala, mag hingga mabuk perjalanan.

2. Hindari menahan pipis

Dalam perjalanan mudik, hindari menahan pipis dan buang air kecil. Menahan buang air kecil justru dapat menyebabkan infeksi saluran kencing, yang berisiko mengganggu kegiatan puasa selama perjalanan.

Baca juga: Hati-hati, Kondisi Seperti Ini Tingkatkan Risiko Dehidrasi Saat Mudik

3. Perjalanan malam

Bagi Anda yang ingin berpuasa saat mudik, sebaiknya pilih perjalanan malam hari. Selain jalanan yang lebih lengang, Anda bisa terhindar dari panas matahari dan mengurangi risiko dehidrasi.

Jalur-jalur mudik mulai berbenahJalur-jalur mudik mulai berbenah (Foto: Agung Pambudhy)


4. Jangan makan pedas

Bagi Anda yang harus melalu perjalanan panjang, hindari mengonsumsi makanan pedas atau asam. Apabila tetap dibiarkan, risiko perut mulas dan kerap buang air akan mengintai sehingga mengganggu puasa Anda selama perjalanan.

Baca juga: Saran Dokter untuk Ibu Hamil yang Mau Mudik

5. Cek kesehatan

Saat hendak berangkat, para pemudik disarankan untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu, terutama bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit. Di perjalanan pun jangan ragu untuk berhenti di pos kesehatan supaya masalah kesehatan tidak berubah jadi fatal.

Baca juga: Cegah Kecelakaan, Kemenkes Akan Cek Kesehatan Pengemudi di Terminal

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit