detikhealth

Begini Cara Selebriti Dunia Hadapi Depresi Selepas Lahiran

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Rabu, 21/06/2017 16:02 WIB
Begini Cara Selebriti Dunia Hadapi Depresi Selepas LahiranFoto: Getty Images
Jakarta, Hidup mereka serba berkecukupan, tetapi ini tidak menjamin seorang ibu yang juga selebriti dunia bisa terhindar dari postpartum depression atau yang lebih akrab disebut depresi pasca melahirkan.

Maklum, bagaimanapun proses melahirkan dapat menguras tenaga dan mental seseorang. Belum lagi selepas melahirkan, seorang ibu biasanya mengalami kurang tidur dan kelelahan dengan kehidupan barunya.

Seperti Chrissy Teigen, nyatanya banyak selebriti dunia yang juga pernah merasakan depresi pasca melahirkan buah hati mereka. Siapa sajakah selebriti yang dimaksud? Berikut paparannya seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, Rabu (21/6/2017).

Baca juga: Pernah Depresi Pasca Lahiran, Chrissy Teigen Tetap Ingin Hamil Lagi

1. Brooke Shields
Brooke bisa dikatakan sebagai pelopor di kalangan selebriti untuk bicara tentang postpartum depression, lewat berbagai wawancara, termasuk di Oprah Winfrey Show.

Saat itu ia terpaksa mengaku pernah mengalami depresi pasca melahirkan setelah dikritik habis-habisan oleh Tom Cruise karena ketahuan mengonsumsi antidepresan pasca melahirkan putri pertamanya, Rowan.

Brooke bahkan menuangkan kisahnya secara terang-terangan ke dalam sebuah buku yang bertajuk Down Came the Rain: My Journey Through Postpartum Depression. "Saya telah melalui banyak hal untuk bisa memiliki anak tetapi ketika ini terjadi, saya justru tak sanggup menggendongnya. Saya tak bisa berbuat sesuatu untuknya atau bahkan memandangnya," katanya dalam sebuah wawancara dengan ABC.

2. Gwyneth Paltrow
Setelah melahirkan anak laki-lakinya, Moses di tahun 2006, ia mengatakan kepada majalah Vogue UK, "Saat itu masa-masa terendah saya, saya tak ubahnya robot, tak bisa merasakan apapun. Saya tak punya insting keibuan dan tak bisa terkoneksi dengannya, bahkan ketika saya melihat foto-fotonya di usia tiga bulan, saya tidak ingat apapun."

Suaminya saat itu yang juga vokalis Coldplay, Chris Martin menduga Paltrow mengidap postpartum depression. Setelah itu Paltrow baru berupaya mencari bantuan medis dan kemudian bisa pulih dari kondisinya. Kepada Entertainment News, Paltrow juga mengaku berolahraga untuk bisa sembuh dari kondisinya itu.

Gwyneth PaltrowGwyneth Paltrow Foto: Getty Images

3. Adele
"Saya mengalami depresi pasca melahirkan yang sangat buruk setelah anak laki-laki saya lahir, ini membuatku ketakutan," tuturnya kepada Vanity Fair di tahun 2016, atau tiga tahun pasca kelahiran sang putra, Angelo.

Pencetak hits asal Inggris itu menambahkan, saat itu ia hanya tahu jika ibu-ibu yang mengalami depresi ini cenderung tak mau dekat-dekat dengan bayinya atau mereka takut menyakiti bayinya.

"Tetapi saya tidak. Saya justru terobsesi kepadanya, dan dari situ tumbuh perasaan saya tak mampu untuk memberikan yang terbaik, bahkan saya merasa membuat keputusan terburuk dalam hidup saya," lanjutnya.

Adele sendiri mengaku ia adalah orang yang mudah terserang depresi, terutama sejak kematian sang kakek saat usianya baru 10 tahun. Ia juga sudah menjalani psikoterapi sejak lama, meski tak pernah punya pemikiran untuk bunuh diri.

4. Drew Barrymore
Barrymore tidak merasakan depresi ini selepas melahirkan putri pertamanya, Olive. Itulah sebabnya ketika ia merasa ada yang aneh setelah melahirkan putri keduanya, Frankie, Barrymore tak tahu apa yang terjadi pada dirinya.

"Saat itu saya berpikir, 'Oh whoa, akhirnya saya tahu apa yang orang bicarakan selama ini. Saya paham. Ini berbeda dengan perasaan senang ketika anak keduamu lahir. Saya merasa berada di bawah awan yang mendung," tuturnya kepada majalah People.

Drew BarrymoreDrew Barrymore Foto: Frazer Harrison/Getty Images

Baca juga: Pakar Ingatkan Pentingnya Peran Suami Bagi Ibu yang Depresi

5. Celine Dion
Beberapa waktu lalu, penyanyi kawakan ini mengisahkan perjuangannya melawan postpartum depression setelah melahirkan bayi kembarnya di tahun 2010.

"Pada satu momen ada perasaan bahagia yang luar biasa, lalu kelelahan muncul dan saya menangis tanpa sebab lalu ini berhenti dengan sendirinya. Inilah sebabnya ibu-ibu sangat membutuhkan dukungan emosional setelah melahirkan," ujarnya.

6. Alanis Morissette
Di saat selebriti lain merasakan gejala psikis saat mengalami postpartum depression, Morissette dikejutkan dengan gejala fisik yang dialaminya.

"Intensitasnya mengejutkan saya, apalagi saya mudah terkena depresi. Tetapi tak ada yang lebih mengejutkan saya daripada nyeri fisiknya di mana kaki tangan, punggung, perut, kepala, semuanya terasa sakit, dan ini berlangsung sampai 15 bulan," kisahnya kepada ET Canada.

Namun Morissette berharap kondisinya bisa menjadi pelajaran bagi ibu-ibu lainnya. "Jika saya bisa berbagi tentang bagaimana cara melewatinya, maka saya akan mendorong mereka untuk mencari bantuan secepatnya," sarannya.

7. Putri Diana
Secara mengejutkan, mendiang Putri Diana pernah mengisahkan perjuangannya saat mengalami postpartum depression setelah melahirkan putra pertamanya, William.

"Semua gembira mendengar kelahiran William, tapi Anda terbangun di pagi hari dengan perasaan tak ingin beranjak dari tempat tidur, Anda merasa disalahpahami dan Anda merasa sangat sangat rendah diri," tuturnya dalam sebuah wawancara dengan BBC di tahun 1995.

Di sisi lain, Diana merasa kebingungan karena ia mengaku tak pernah mengalami depresi sebelumnya. Wanita yang juga ibu dari Pangeran Harry ini pun akhirnya mendapatkan perawatan yang dibutuhkannya, namun karena menjadi orang pertama yang diklaim mengalami postpartum depression dalam keluarga kerajaan Inggris, ia mengaku tak mendapatkan dukungan yang dibutuhkannya.

Diana bahkan mengatakan saat itu dirinya dicap memiliki kondisi mental yang tak stabil.

Putri DianaPutri Diana Foto: Getty Images

Baca juga: 5 Langkah Cegah Depresi: Istirahat Hingga Jaga Keintiman (lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit