detikhealth

Kata Dokter Jiwa Soal ABG Nikahi Nenek 71 Tahun

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Selasa, 04/07/2017 07:40 WIB
Kata Dokter Jiwa Soal ABG Nikahi Nenek 71 TahunPernikahan beda usia Selamet dan Nenek Rohaya. Foto: Instagram
Jakarta, Seorang ABG (Anak Baru Gede) di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Selamet Riyadi (16) menikahi nenek Rohaya yang sudah berusia 71 tahun. Pernikahan 'lintas generasi' ini menjadi heboh karena perbedaan usianya terbilang tidak lazim.

Dikutip dari detikNews, orang tua Selamet punya riwayat bercerai dan ibunya kembali menikah. Kemudian Selamet tinggal dan dirawat saat sakit oleh Rohaya selama enam bulan. Dari situlah benih-benih cinta tumbuh di antara keduanya.

Baca juga: Begini Kisah Cinta ABG dan Nenek 71 Tahun Sebelum Akhirnya Nikah

Menanggapi hal ini, psikiater dr Andri SpKJ, FAPM mengatakan ada banyak hal yang mungkin melatarbelakangi pernikahan tersebut. Salah satunya adalah Selamet 'menemukan' sosok ibu pada diri Rohaya.

"Karena Selamet pernah kehilangan ibu jadi dia mungkin melihat sosok ibunya pada diri Rohaya saat dirawat. Jadi nenek ini merawatnya begitu baik dan memberikan kebutuhan Selamet saat sakit," kata dr Andri kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Bukan Harta, Ini Alasan ABG Selamet dan Nenek Rohaya Ngotot Nikah

Namun, dr Andri melanjutkan pernikahan tersebut dapat menyulitkan kedua belah pihak suatu hari nanti karena dapat menimbulkan berbagai macam konflik. Salah satunya dari kebutuhan yang berbeda.

Ia mencontohkan seorang nenek dengan usia 71 tahun pasti menginginkan kehidupan yang bahagia dan tenang sehingga tidak berkutat dengan masalah kehidupan. Sedangkan untuk remaja berusia 16 tahun dinilai masih mencari kepribadian dan perlu memikirkan masa depan yang masih panjang.

Walaupun begitu, dokter yang praktik di RS Omni Alam Sutera ini mengatakan bahwa setiap orang memiliki pemaknaan pernikahan yang berbeda. "Jadi apapun yang terjadi kita nggak lebih tahu daripada mereka," pungkas dr Andri.

Pernikahan ABG berusia 16 tahun dengan nenek tua berusia 71 tahun.

Baca juga: Drama Pernikahan ABG dengan Nenek 71 Tahun, Begini Komentar Psikolog

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit