detikhealth

ABG Selamet Ingin Dapat Momongan dari Nenek Rohaya, Mungkinkah? Yuk Dicek

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 04/07/2017 17:08 WIB
ABG Selamet Ingin Dapat Momongan dari Nenek Rohaya, Mungkinkah? Yuk DicekSelamet dan Rohaya, ABG dan nenek 71 tahun asal Baturaja OKU yang kini jadi menjadi suami istri (Foto: Istimewa)
Jakarta, Selamet Riyadi (16), ABG asal Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan berharap bisa dapat momongan dari istri tercinta, Rohaya. Mungkinkan mengandung di usia yang sudah menginjak 71 tahun?

"Kalau anak tentu berharap, cuma itu balik lagi sama Allah. Kalau dikasih kita bersyukur dan mudah-mudahan dikasih anak," kata Selamet, dikutip dari detiknews.

Baca juga: ABG Selamet Berharap Momongan dari Nenek Rohaya

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, tidak ada yang mustahil untuk dilakukan. Hamil di usia lanjut, pernah dialami antara lain oleh seorang perempuan di India, Daljinder Kaur. Pada 19 April 2016, ia dikaruniai bayi laki-laki seberat 2 kg di usianya yang sudah 70 tahun.

Sebelum hamil, perempuan ini menjalani program pembuahan berbantu atau IVF (In Vitro Fertilization) bersama suaminya Mohinder Singh Gill yang berusia 79 tahun. Sempat 2 kali gagal, hingga akhirnya dinyatakan hamil pada Juli 2015.

Baca juga: Daljinder Kaur, Wanita yang Melahirkan Bayi Tabung di Usia 70 Tahun

Pada kasus lain, Rajo Devi Lohan yang juga berasal dari India, hamil dan punya anak di usia 74 tahun pada 2008. Sama seperti Daljinder, perempuan ini juga hamil berkat bantuan teknologi bayi tabung.

Kehamilan Rajo saat itu menuai kontroversi, karena ia jatuh sakit hingga nyaris meninggal akibat komplikasi saat melahirkan. Dan memang masalah inilah yang menjadi pertimbangan ketika memutuskan untuk hamil di usia lanjut. Risiko komplikasi di usia terlalu muda maupun terlalu tua, tidak hanya membahayakan janin tetapi juga nyawa sang itu sendiri.




Baca juga: Ibu Tertua di Dunia Ini Ingin Panjang Umur Demi Melihat Anaknya Menikah

(up/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit