detikhealth

Waspada Kanker Anak, Dokter: Tidak Ada Pencegahannya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 06/07/2017 07:15 WIB
Waspada Kanker Anak, Dokter: Tidak Ada PencegahannyaKanker pada anak sulit dicegah, tapi deteksi dini bisa mempermudah penanganan (Foto: thinkstock)
Jakarta, Kanker pada anak bisa terjadi secara tiba-tiba. Sebab, kanker pada anak tidak terjadi karena gen atau makanan pemicu. "Kalau Tuhan bilang 'kenalah kau kanker' maka kenalah dia," ujar Dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, IBCLC, saat ditemui detikHealth, Selasa (4/7/2017), di sela-sela acara peluncuran buku 'Nama Tengahku Mukjizat' di Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta.

Kanker jenis apapun bisa saja menghampiri tubuh anak. "Jenis kanker terbanyak yang menyerang anak adalah leukemia, di Indonesia nomor kedua terbanyak adalah retinoblastoma (kanker bola mata), tapi kanker jenis lainnya bisa saja menyerang," terang dokter yang akrab disapa dr Edi ini.

dr Edi mengungkapkan belum ada langkah untuk mencegah kanker pada anak. Selain itu, deteksi dini pun hanya bisa dilakukan untuk satu jenis kanker yakni retinoblastoma. "Nama pemeriksaannya itu 'lihat merah' atau 'see red', itu setara sama pap smear, dan cuma itu saja," tuturnya.

Baca Juga: Inilah Jenis Kanker yang Paling Banyak Menyerang Anak-anak

Gejala yang dialami oleh pasien kanker memang seringkali menyerupai gejala seperti penyakit lain. Seperti halnya demam yang dicurigai karena penyakit tifus justru bisa jadi penanda kanker. Akibatnya, orang tua seringkali kurang sigap dalam mendeteksi penyakit yang menyerang si kecil.

Menurut keterangannya, hampir 50 persen pasien datang pada stadium lanjut. Oleh karenanya, penting sekali untuk orang tua memahami gejala-gejala yang bisa mengarah pada kanker.

"Kanker itu dibagi menjadi dua kelompok besar, kanker cair dan yang padat. Yang padatnya bisa berupa benjolan, kalau seandainya menemukan benjolan cepat konfirmasi ke dokter, ini ganas apa nggak," imbuhnya.

Baca Juga: 'Benih' Kanker pada Anak Bisa Muncul Sejak Masih di Kandungan

Sedangkan untuk kanker cair seperti leukemia, gejala yang harus diwaspadai jika sudah ditemukan tiga hal; pucat, demam, pendarahan. "Jika kita temukan dua dari tiga gejala ini dalam waktu yang bersamaan, cepat hubungi dokter," imbau dr Edi.(ajg/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit