detikhealth

Mengenal Hipokalemia yang Membuat Boni Hargens Tampak 'Sakau' di tvOne

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Selasa, 11/07/2017 11:05 WIB
Mengenal Hipokalemia yang Membuat Boni Hargens Tampak Sakau di tvOneFoto: Boni Hargens sakit. (dok. Pribadi).
Jakarta, Pengamat politik Boni Hargens diisukan sakau sabu saat live di sebuah talkshow di tvOne. Boni tampak sakit sehingga tayangan tersebut dihentikan.

Cuplikan acara talkshow yang menghadirkan Boni sebagai narasumber tersebut pun kemudian menjadi viral di media sosial. Boni tampak sesekali mengusap-usap hidungnya dalam acara, sehingga netizen menuding Anggota Dewan Pengawas Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara tersebut tengah sakau karena sabu.

Boni kemudian mengklarifikasi bahwa dirinya sedang sakit beberapa waktu belakangan. Pada tanggal 29 Juni sampai 3 Juli lalu, ia dirawat di RS Siloam karena sakit hipokalemia atau penyakit krisis kalium dalam darah.

Baca juga: Penjelasan Boni Hargens Soal Sakit dan Penghentian Live tvOne

Menurut dr Marshell Tendean, DPCP, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Ukrida, definisi dari hipokalemia sendiri merupakan keadaan di mana kadar kalium dalam darah menurun. Bisa hanya kaliumnya saja yang turun, bisa juga dibarengi dengan elektrolit lainnya.

Biasanya, hasil pemeriksaan penurunan kadar kalium dalam darah ini bisa diketahui setelah pasien melakukan cek darah.

"Penyebabnya macam-macam, bisa memang karena suplai kaliumnya terlalu sedikit, misalnya karena puasa atau diet ketat. Bisa juga karena kalium pindah tiba-tiba dari luar sel ke dalam sel, ini biasanya karena faktor keasaman darah yang jadi basa atau penggunaan insulin," ujar dr Marshell.

Baca juga: Tepis Isu Sakau Sabu Saat Live tvOne, Boni Hargens: Itu Fitnah

Selain itu, hipokalemia juga bisa terjadi karena ada penyakit penyerta lain. Misalnya penyakit genetik, penyakit tiroid dan tumor.

Pengobatan hipokalemia sendiri juga diberikan berdasarkan apa penyebab dari turunnya kalium dalam darah tersebut. Bisa diberikan suplemen, atau jika disebabkan dari penyakit lain maka penyakit tersebut harus diobati terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Perbaiki Sirkulasi Aliran Darah Tubuh

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit