detikhealth

Artikel 18+

Tips Bercinta Saat Wanita Telah Mengalami Menopause

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 11/07/2017 19:35 WIB
Tips Bercinta Saat Wanita Telah Mengalami MenopauseMeski sudah menopause, bukan alasan untuk berhenti bercinta. Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Turunnya gairah di ranjang kerap menghantui para wanita saat memasuki masa menopause. Sementara itu, gairah bercinta para suami masih tetap prima. Untuk menghadapi kegalauan tersebut, apa yang bisa dilakukan?

Menurut pengamat kesehatan seksual dr Andri Wanananda MS, saat menopause terjadi penurunan kadar hormon perempuan yakni estrogen dan progesteron yang membuat libido wanita menurun. Terkadang juga timbul rasa panas pada wajah atau flushing.

"Untuk mengembalikan libido, lakukanlah exercise fisik secara reguler, cukup tidur, disertai pula asupan gizi makanan dan minuman yang seimbang," tutur dr Andri.

Baca juga: 8 Gejala Wanita Akan Memasuki Masa Menopause

"Sekali-sekali ajaklah suami melihat film, video yang bisa memicu fantasi seksual," lanjut dokter yang mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta tersebut.

Problematika lain berhubungan intim saat menopause adalah nyeri vagina saat penetrasi. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya lubrikasi atau pelendiran vagina saat foreplay menjelang bercinta.

"Disarankan agar menggunakan jelly atau baby oil yang dioleskan pada bibir vagina menjelang penetrasi penis ke dalam vagina," imbuh dr Andri.

Baca juga: Kapan Wanita Menopause? Ini Bisa Dicek dari Usia Haid Pertamanya

(hrn/ajg)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit