detikhealth

Artikel 18+

Rutin Ratus Bisa Bikin Miss V Wangi dan 'Rapat', Mitos atau Fakta?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 15/07/2017 08:26 WIB
Rutin Ratus Bisa Bikin Miss V Wangi dan Rapat, Mitos atau Fakta?Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Ada beberapa jenis terapi yang kerap dilakukan wanita di area organ intim. Salah satunya adalah ratus. Terapi ini dipercaya bisa membuat vagina menjadi wangi dan rapat.

Dikutip dari Prevention, ratus juga disebut-sebut bisa memberikan banyak manfaat lain seperti merangsang produksi hormon, memperbaiki siklus menstruasi, serta melawan infeksi di area organ intim.

Manfaat ini didapat dari uap panas yang diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah di area panggul. Kondisi ini berefek pada pelebaran pembuluh darah, peningkatan aliran oksigen dan membuat otot vagina menjadi rileks.

Baca juga: 5 Mitos Keliru Tentang Bibir Vagina

Namun demikian, kebanyakan praktisi medis masih belum menemukan bukti ilmiah dari ratus terhadap kesehatan vagina. Salah satunya dikatakan oleh Jacquelyn Stone, MD, FACOG dari Maven Clinic, New York. Menurutnya, berbagai manfaat yang diyakini bisa didapat dari ratus masih minim bukti.

"Menempatkan udara panas pada area tubuh memang bisa meningkatkan aliran darah, tapi ini tidak akan lama bertahan. Maka dari itu pengaruhnya juga tidak signifikan. Selain itu, uap ini juga tidak mungkin masuk ke dalam rahim dan memberi pengaruh apapun," ungkapnya.

Sebelumnya dr Noviyanti SpOG dari RS Mayapada Tangerang juga pernah menuturkan hal serupa. Kepada detikHealth, dr Novi menjelaskan bahwa ratus justru bisa memicu reaksi keputihan dan infeksi.

Baca juga: Hal-hal Seperti Ini Bisa Dialami Vagina Usai Bercinta

"Kenapa? karena keseimbangan pH vagina terganggu. Kita mesti jaga flora normal di vagina tetap ada karena flora normal fungsinya memakan flora yang nggak normal," kata dr Novi.

Ia menekankan, hal-hal yang bisa membuat flora normal terbunuh di antaranya prosedur seperti ratus vagina, membasuh vagina dengan sabun sirih, kemudian douching. Menurut dr Novi, untuk membersihkan vagina, cukup basuh dengan air kran mengalir yang bersih. Jika kebetulan air kran di rumah tidak bersih, berbau, atau mengandung kaporit, dr Novi menyarankan baiknya pakai air matang untuk membasuh vagina.

Baca juga: Cairan Miss V Berbau Amis dan Berwarna Putih, Waspadai Bakteri dan Jamur

(ajg/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit