detikhealth

Sambut Hari Anak, Menkes Imbau Ortu Perhatikan Kebutuhan Gizi Anak

Firdaus Anwar - detikHealth
Minggu, 23/07/2017 14:04 WIB
Sambut Hari Anak, Menkes Imbau Ortu Perhatikan Kebutuhan Gizi AnakKebutuhan gizi dan stimulasi anak perlu selalu jadi perhatian orang tua. (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta, Agar anak dapat tumbuh berkembang secara optimal maka kebutuhan gizi dan stimulusnya perlu dipenuhi. Di peringatan Hari Anak Nasional 2017 Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), mengimbau agar orang tua memerhatikan kebutuhan tersebut sejak anak dalam kandungan.

Menurut Menkes Nila prinsip 1.000 hari pertama kehidupan harus diterapkan orang tua untuk memperoleh keturunan yang berkualitas. Kehamilan perlu direncakan dengan matang mulai dari sejak menikah, hamil, melahirkan, hingga menyusui.

"Sejak dalam kandungan anak indonesia berhak mendapatkan asupan gizi yang sesuai. Agar perkembangan fisik dan mental mereka berkembang dengan baik," kata Menkes Nila dalam akun resmi Sehat Negeriku dan dikutip pada Minggu (23/7/2017).

Baca juga: Hari Anak Nasional, KPAI Soroti Kasus Bullying hingga Pornografi

Asupan gizi yang sesuai dalam hal ini berarti tidak kurang dan juga tidak berlebih. Kadang ada orang tua yang kurang memerhatikan asupan gizi anak tapi juga ada yang tidak mengerti sehingga memberikan asupan gizinya berlebih.

Dampaknya kini kasus obesitas pada anak di Indonesia juga menjadi ancaman. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI sebanyak 14 persen balita dan 19,1 persen anak berusia 15 tahun ke atas di Indonesia mengalami obesitas.

Ketika seseorang sudah mengalami obesitas sejak anak-anak studi melihat maka risikonya untuk mengalami kondisi katastropik seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung akan meningkat.

Menkes Nila juga mengimbau agar orang tua selalu mendampingi anak-anak menemani aktivitas mereka.

"Pada peringatan hari anak nasional tahun ini saya mengajak para orang tua senantiasa mendampingi anaknya beraktivitas serta memperhatikan asupan gizi mereka. Agar memperoleh gizi yang sesuai dengan masa tumbuh kembangnya," pungkas Menkes Nila.

Baca juga: Jokowi Diajak Main Ular Tangga pada Peringatan Hari Anak di Riau(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit