detikhealth

Tips Menjaga Berat Ideal Menurut Perempuan Paling Bugar se-Indonesia

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 23/07/2017 18:09 WIB
Tips Menjaga Berat Ideal Menurut Perempuan Paling Bugar se-IndonesiaSulit mendapatkan tubuh ideal, tapi lebih sulit lagi mempertahankannya jika tanpa disertai komitmen untuk hidup sehat (Foto: thinkstock)
Jakarta, Ada yang mengatakan mempertahankan berat badan ideal lebih sulit daripada mencapainya. Ketika sudah berhasil mendapatkan berat badan ideal, maka tugas berikutnya adalah mempertahankannya. Namun bagaimana ya caranya?

Menurut seorang praktisi gaya hidup sehat yang dijuluki 'perempuan paling bugar se-Indonesia', Jemima Djatmiko, kunci mempertahankan berat badan ideal adalah konsistensi, dengan tetap berolahraga dan menerapkan pola makan sehat.

"Maintain-nya yang pasti tetap nggak berhenti olahraga, terus konsisten makan sehat. Banyak orang kan yang naik-turun, kadang-kadang on olahraganya, kadang makannya oke tapi abis itu makannya parah banget," kata Jemima saat berbincang dengan detikHealth.

Baca juga: Biar Berat Badan Hasil Diet Tahan Lama

Dalam sebuah kontes kebugaran, Jemima sanggup menarik mobil seberat 1,5 ton dengan tenaganya sendiri. Tak heran jika ia dijuluki perempuan 'paling bugar' se-IndonesiaDalam sebuah kontes kebugaran, Jemima sanggup menarik mobil seberat 1,5 ton dengan tenaganya sendiri. Tak heran jika ia dijuluki perempuan 'paling bugar' se-Indonesia Foto: Instagram @jemimajobe


Baca juga: Inspiratif! Berjuang Lawan Depresi, Salurkan Stres Lewat Olahraga

Ya, memelihara berat badan agar selalu ideal kenyataannya memang gampang-gampang susah. Namun Jemima mengatakan, gaya hidup sehat itu adalah sebuah pilihan yang tidak semua orang bisa pilih.

"Apakah susah? Saya bilang nggak juga. Sebab itu kembali lagi ke masing-masing orang. Kalau dia mau komitmen dan itu keputusan dia, pasti bisa. Semua itu di pikiran, kalau di pikiran kita bisa pasti bisa, kalau di pikiran kita bilang nggak bisa, ya udah gimana mau bisa," pungkasnya.

Bahkan, diutarakan Jemima, menjaga tubuh tetap bugar pun bisa menjadi investasi yang sangat berharga bagi diri di masa depan.

"Jadi istilahnya kayak kita nabung. Sebab saya kehilangan bapak saya waktu dia umur 49 tahun karena kanker, dan kanker itu salah satu sebabnya adalah unhealthy lifestyle, makan nggak bener waktu dia muda, bukan waktu umur dia segitu," tutur Jemima.

Baca juga: Begini Cara Mudah Mengukur Berat Badan Ideal

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit