detikhealth

Artikel 18+

Alasan Ilmiah Mengapa Pria Ereksi di Pagi Hari

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 01/08/2017 07:32 WIB
Alasan Ilmiah Mengapa Pria Ereksi di Pagi HariGejala alamiah pada pria yang menemukan penis dalam keadaan ereksi ketika terbangun pagi hari. Foto: thinkstock
Jakarta, Para pria pasti sudah familiar dengan gejala alamiah ini. Ya, menemukan penis dalam keadaan ereksi setelah terbangun di pagi hari. Fenomena ini umumnya disebut 'morning wood' atau dalam istilah medis dikenal dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT).

Dilansir dari Times of India, ereksi ini kerap muncul tiga sampai lima kali sepanjang malam dan umum terjadi pada remaja dan pemuda. Mengapa? Karena di usia ini tingkat puncak hormon mempengaruhi frekuensi ereksi dan kebutuhan biologis mereka. Namun seiring bertambahnya usia tingkat hormon pun menurun, demikian juga dengan frekuensi 'morning wood' ini.

Menariknya, ereksi tidak terjadi di siang hari karena otak memancarkan bahan kimia anti-ereksi selama siang hari. Namun, faktor penghambat ini hilang pada malam hari sehingga ereksi dengan bebas datang dan pergi.

Baca juga: Pakar: Kunci Ereksi Tahan Lama Ada di Pikiran

Jadi, ereksi bukan hanya disebabkan mimpi yang erotis saja. Beberapa ahli percaya bahwa tubuh laki-laki mengoksidasi organ dengan aliran darah sehingga mengalami ereksi saat tidur.

Menurut pakar kesehatan seksual, dr Andri Wanananda MS, ereksi di pagi hari juga terjadi akibat kandung seni yang penuh, jadi secara refleks merangsang saraf parasimpatis yang memicu ereksi penis.

Selain itu, kemampuan ereksi bisa juga dipengaruhi oleh faktor psikis seperti stres menumpuk. Bila sulitnya ereksi hanya terjadi ketika ingin bercinta saja maka kemungkinan hal itu penyebabnya.

Baca juga: 5 Hal yang Menentukan Kemampuan Ereksi Para Lelaki

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit