detikhealth

Olahraganya Angkat-angkat Begini, Siapa Berani Godain Raisa?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 13:33 WIB
Olahraganya Angkat-angkat Begini, Siapa Berani Godain Raisa?Angkat beban (weight lifting) merupakan jenis olahraga yang melatih kekuatan otot (Instagram @raisa6690)
Jakarta, Salah satu alasan kaum perempuan menghindari angkat beban adalah takut badannya jadi kekar. Jika anggapan itu benar, siap-siap saja menyaksikan penampakan penyanyi cantik Raisa versi berotot.

Dalam salah satu foto terbaru di instagram, pasangan Hamish Daud ini tampak sedang bersiap-siap mengangkat barbel. Raisa dalam posisi squat sedang memegang erat palang besi yang sudah dipasangi 2 plate, masing-masing seberat 10kg.

Foto lain yang diunggah sebelumnya memperlihatkan Raisa sedang memegang palu raksasa dan berdiri di atas ban bekas berwarna hijau. Dari ciri-cirinya, kedua foto tersebut dibuat di lokasi yang sama. Sedangkan dari hashtag atau tanda pagar (tagar) dalam caption yang menyertainya, nampaknya aktivitas tersebut adalah bagian dari promosi sebuah produk olahraga.

Banyak yang menghidari angkat beban (weight lifting) karena takut berototBanyak yang menghidari angkat beban (weight lifting) karena takut berotot (Instagram @raisa6690)


Baca juga: Rajin Fitness Tapi Tubuh Nggak Berotot Juga? Begini Kata Dokter

Bagi kebanyakan kaum perempuan, olahraga angkat beban (weight lifting) memang dianggap menyeramkan. Bukan soal intensitasnya, tetapi karena efeknya yang konon bikin tubuh jadi tampak kekar atau berotot.

Faktanya, membentuk otot agar seperti binaragawan tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang, termasuk kaum laki-laki sekalipun, yang rajin melakukan angkat beban tetapi bentuk tubuhnya tetap begitu-begitu saja. Faktor perbedaan komposisi hormon membuat perempuan lebih sulit lagi mendapatkan tubuh kekar dan berotot.

Kekhawatiran semacam itu membuat banyak orang cenderung menghindari latihan beban dan kekuatan. Padahal, otot yang kuat dibutuhkan untuk menopang rangka tubuh. Berbagai keluhan seperti nyeri punggung seringkali terjadi hanya karena otot penopangnya kurang terlatih.

Baca juga: Bahayakah Wanita Lakukan Latihan Beban Berat?

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit