detikhealth

Catat, Ini Penyebab Kematian pada Pasien Alzheimer

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Rabu, 09/08/2017 18:30 WIB
Catat, Ini Penyebab Kematian pada Pasien AlzheimerPenyebab kematian pada pasien Alzheimer/Foto: thinkstock
Jakarta, Setiap penyakit tentu memiliki risiko yang mematikan pada tubuh, termasuk alzheimer yang merupakan penyakit otak. Nah, ada hal yang bisa menyebabkan kematian pada pasien alzheimer.

Alzheimer sendiri merupakan penyakit otak yang progresif di mana terdapat endapan protein abnormal yang terbentuk di otak dan menyebabkan sel otak mati. Penyakit ini dikenal karena menyebabkan hilangnya ingatan seseorang.

Dilaporkan Center for Disease Control and Prevention (CDC) kematian akibat penyakit alzheimer meningkat sebesar lima puluh persen di Amerika Serikat. Laporan tersebut menyebutkan pada tahun 1999 angka kematian akibat alzheimer terjadi pada 16 per 100 ribu orang dan pada tahun 2014 meningkat menjadi 25 per 100 ribu orang.

Menurut dr March L Gordon, ketua neurologi di Zucker Hillside Hospital di Queens, New York, salah satu penyebab kematian pada pasien alzheimer adalah aspirasi pneumonia. Pasalnya, pasien alzheimer akan mengalami kesulitan menelan dan mungkin akan menghirup makanan sehingga menyebabkan aspirasi pneumonia,

"Aspirasi pneumonia terdaftar menjadi salah satu penyebab kematian dari dua per tiga pasien demensia," ucap dr Gordon dikutip dari Live Science.

Baca juga: Tak Cuci Tangan Usai Bersihkan Kotoran Kucing, Waspadai Alzheimer

Pasien alzheimer juga akan mengalami kesulitan dalam bergerak dan makan. Sehingga pasien alzheimer mungkin hanya akan terbaring di tempat tidur dan bisa meningkatkan risiko dari penggumpalan darah yang fatal.

Selain itu, penuruanan berat dan komplikasi dari penyakit alzheimer lainnya bisa melemahkan sistem imun pasien. Dengan melemahnya sistem imun, menurut National Institute on Aging pasien akan lebih rentan terhadap infeksi.

Baca juga: Tak Cuma Bikin Gemuk, Kurang Tidur Juga Picu Alzheimer(up/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit