detikhealth

Berapa Lama Waktu yang Aman Untuk Menahan Pipis? Ini Kata Ahli

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Minggu, 13/08/2017 09:05 WIB
Berapa Lama Waktu yang Aman Untuk Menahan Pipis? Ini Kata AhliJangan terlalu lama menahan pipis, ini dia rekomendasi pakar soal waktu tepat membuangnya. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Dr Nazia Bandukwala D.O, seorang ahli urologi dari Piedmont Healthcare menjelaskan dampak menahan pipis secara lebih jelas. "Jika kamu menahan pipis ini bisa menyebabkan abnormalitas metabolik dan masalah elektrolit yang bisa mengarah pada gagal ginjal pada jangka panjang," ujarnya seperti yang dilansir Piedmont.org, Minggu (13/8/2017).

Selain itu, menahan pipis juga bisa menyebabkan infeksi. Tubuh pun menjadi terbiasa untuk tidak mengosongkan urine yang ada dalam kandung kemih. Bahkan dalam kasus yang sangat langka, ada yang hingga menyebabkan pecahnya kandung kemih.

Baca juga: 6 Trik Menahan Pipis dalam Kondisi Darurat

Karena itu, menahan pipis sebaiknya tidak dilakukan lama-lama. Lalu, berapa lama ya waktu ideal untuk mengosongkan urine agar terhindar dari penyakit ginjal dan lainnya?

"Biasanya aku merekomendasikan untuk mengosongkan urine setiap tiga jam, tidak peduli apakah kamu sedang ingin pipis atau tidak," ujar Dr Bandukwala.

Di samping itu, Dr Bandukwala juga mengingatkan bahwa otak dan organ lainnya selalu bekerja sama. Begitu pula ketika muncul rasa ingin buang air kecil, sebenarnya adalah perintah dari otak untuk segara membuang isi yang ada. Wah, mulai sekarang jangan menahan pipis terlalu lama ya!

Baca juga: Kandung Kemih Pecah Gara-gara Menahan Pipis, Mungkinkah?(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close