detikhealth

Psikiater
dr Andri, SpKJ, FAPM

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
Twitter: @mbahndi

Jadi Bad Mood Ketika Teman Dekat 'Asyik' dengan Teman yang Lain

Rabu, 16/08/2017 11:13 WIB
Jadi Bad Mood Ketika Teman Dekat Asyik dengan Teman yang LainLazimkah jika seorang perempuan cemburu ketika teman dekatnya nampak asyik dan akrab dengan orang lain? Simak penjelasan psikiater berikut: (Foto: Thinkstock)
Saya memiliki teman dekat. Namun saya selalu cemburu jika ia asyik bersama temannya yang lain. Kemudian saya akan kesal dan bad mood seharian. Apa yang terjadi dengan saya Dok? Namun terkadang saya justru merasa semua baik-baik saja. Sehingga saya sempat berpikir bahwa saya bipolar di mana mood saya berubah secara cepat. Mohon pencerahannya bagaimana cara mengatasi hal ini Dok?

Dewi (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Dewi yang baik,

Sayang sekali Dewi tidak menjelaskan teman dekat ini perempuan atau laki-laki. Kadang dalam pertemanan memang ada masalah seperti yang Dewi katakan, tetapi persahabatan atau pertemanan bukan untuk saling menguasai bukan? Pertemanan ada karena kedua pihak saling membutuhkan satu sama lain.

Jika kita menjadi kesal dan bad mood karena masalah kecil seperti cemburu karena teman kita asyik dengan yang lain saat itu, maka yang rugi adalah kita sendiri karena membuat emosi negatif kita keluar dan akhirnya membuat kita sendiri tidak nyaman. Kita harus menyadari bahwa keadaan itu juga bisa terjadi dengan kita. Perlu saling menghargai antara teman bahkan pasangan sekalipun.

Diagnosis gangguan jiwa seperti gangguan bipolar harus didiagnosis oleh dokter jiwa atau psikiater. Jadi jangan mencap diri sendiri mengalami gejala gangguan jiwa jika belum dikonfirmasi ahlinya.

Semoga membantu, salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
https://psikosomatik-omni.blogspot.com(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit