detikhealth

Bercak Kulit Menebal Berkepanjangan? Waspadai Psoriasis

Erika Kurnia - detikHealth
Rabu, 16/08/2017 18:05 WIB
Bercak Kulit Menebal Berkepanjangan? Waspadai PsoriasisBercak kulit menebal berkepanjangan, waspada Psoriasis/Foto: thinkstock
Jakarta, Kondisi kulit dengan bercak merah, serta sisik keperakan, dan penebalan merupakan ciri dari penyakit yang disebut Psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kronis akibat kelainan genetik autoimun, yang bisa diderita anak-anak hingga lansia laki-laki maupun perempuan.

Kondisi kulit ini biasanya ditemui pada kulit kepala, kulit siku lengan, lutut, dan tangan. Salah satu pasien psoriasis seperti Rio Suwandi, drg, juga menemui kondisi tersebut di kulit kepala pada awalnya.

"Awalnya saya temui ini di kepala saya. Tapi saat itu saya enggak tau kalau itu penyakit kulit kronik. Rasanya tidak nyaman, kulit menebal dan rasanya seperti dijenggut tapi tidak mau lepas," tuturnya dalam sebuah video interaktif dalam sebuah seminar di Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2017).

Dalam acara tersebut, dr Danang Tri Wahyudi SpKK(K) dari Rumah Sakit Kanker Dharmais mengatakan bahwa psoriasis merupakan gejala dari masalah genetik yang dipicu oleh beberapa faktor pencetus.

"Psoriosis terkait dengan masalah genetik walaupun tidak selalu diturunkan. Faktor pencetusnya bisa dari kebiasaan merokok, obat-obatan, infeksi, dan faktor lainnya yang menurunkan kekebalan tubuh," ungkap dr Danang.

Baca juga: Jangan Digaruk! Begini Saran Dokter Ahli Atasi Psoriasis

Menurutnya, ketika psoriosis terdeteksi, belum ada pengobatan yang pasti bisa mengatasi kelainan genetik yang menjadi dasarnya. Namun, berbagai pengobatan modern telah mampu meremisi dampaknya pada kulit, hingga bisa kembali normal.

"Sejauh ini pengobatan yang ada hanya bisa meremisi. Pasien bisa kembali hidup normal dengan kulit yang sehat, dengan berbagai pilihan obat yang tersedia, dari yang konvensional hingga obat target yang kini sudah tersedia di Indonesia," terangnya.

"Bagaimanapun, orang yang menemui gejala psoriasis harus menemui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan diagnosa klinis yang akurat dengan mempelajari pengalaman pasiennya," pungkas dr Danang.

Perlu diketahui juga, data 2007 menunjukkan bahwa psoriasis dialami sampai 3 persen masyarakat. Penyakit ini biasanya dimulai pada usia 10-30 tahun, namun bisa timbul di usia kurang dari 15 tahun jika ada faktor genetik.

Baca juga: Bukan Digaruk! Begini Cara Tepat Obati Psoriasis di Kulit Kepala(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit