detikhealth

Ini Sebabnya Pengidap Psoriasis Tak Perlu Hindari Matahari

Erika Kurnia - detikHealth
Jumat, 18/08/2017 09:07 WIB
Ini Sebabnya Pengidap Psoriasis Tak Perlu Hindari MatahariUntuk merayakan Kemerdekaan RI 17 Agustus, penderita psoriasis tidak perlu ragu untuk mengikuti upacara bendera atau kegiatan perayaan di luar. (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Jakarta, Untuk merayakan Kemerdekaan RI 17 Agustus, penderita psoriasis tidak perlu ragu untuk mengikuti upacara bendera atau kegiatan perayaan di luar.

Pasalnya, paparan sinar ultraviolet yang secara alami didapatkan dari matahari bisa bermanfaat bagi penderita penyakit autoimun tersebut.

Psoriasis adalah gangguan genetik yang menyebabkan kulit memiliki bercak merah, bersisik, kering, gatal, dan sakit. Dr Danang Tri Wahyudi SpKK(K) dari Rumah Sakit Dharmais, mengatakan bahwa sinar ultraviolet membantu mengurangi gejala penyakit tersebut.

"Untuk diketahui, penderita psoriasis bisa mendapatkan pengobatan di antaranya dengan penyinaran ultraviolet B, untuk mengurangi gejalanya. Kita beruntung karena kita punya matahari yang bersinar sepanjang tahun," katanya kepada detikHealth, saat ditemui di Jakarta Selatan baru-baru ini.

Baca juga: Alasan untuk Tak Perlu Cemaskan Risiko Kanker Kulit Saat Upacara 17-an

Untuk mendapatkan manfaat dari sinar ultraviolet alami tersebut, dr Danang menyarankan agar pasien psoriasis mau menghabiskan waktu di luar ruangan, bahkan percaya diri untuk mengenakan pakaian yang tidak menutupi kulit dengan psoriasis.

"Itulah mengapa pasien psorisis justru kita bantu untuk percaya diri menggunakan baju atau celana pendek. Mereka yang tidak masalah dengan paparan sinar matahari, setiap hari kalau bisa disempatkan berjemur 10-15 menit. Kalau mau ikut merayakan kemerdekaan di luar ruangan pun nggak masalah," pesannya.

Baca juga: Mirip Ketombe, Ini Ciri Kulit dengan Penyakit Autoimun Psoriasis(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit