detikhealth

Konsultasi Umum

Sering Mengeluh Pusing, Mual dan Lelah dari Pagi Hingga Siang, Ada Apa?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 25/08/2017 11:35 WIB
Sering Mengeluh Pusing, Mual dan Lelah dari Pagi Hingga Siang, Ada Apa?Ilustrasi wanita yang kelelahan dari pagi hingga siang/Foto: thinkstock
Jakarta, Halo Dok, beberapa hari ini saya merasakan pusing di bagian kening, mudah sekali mengantuk, mual, badan terasa mudah lelah, perut terasa penuh dan keras. Kondisi seperti ini saya rasakan setiap pagi sampai siang hari.

Saya jarang sekali olahraga Dok, untuk pekerjaan saya tidak terlalu berat, tapi suasana di kantor penuh dengan asap rokok, untuk masalah BAB dan BAK lancar tidak ada masalah, nafsu makan juga normal. Kira-kira kenapa ya Dok?

Nissa (Perempuan, 23 tahun)

Jawaban

Dear Nissa, beragam keluhan yang kamu rasakan itu tidaklah spesifik. Boleh jadi mengarah ke hipoglikemia, hipokalemia, GERD, dyspepsia, tension type headache, asthenia, chronic fatigue syndrome, atau gangguan lainnya. Masalahnya, Nissa belum menyebutkan apa keluhan utama yang dirasakan sangat mengganggu, berapa lama sudah merasakan keluhan itu, mereda atau membaik saat kondisi apa, memburuk saat kondisi apa, sudah pernah ke dokter atau belum, kalau sudah pernah, diberi obat atau multivitamin apa saja? Adakah problematika serius yang masih saja terpikirkan dan belum terpecahkan hingga saat ini? Pertanyaan saya lainnya, sudah pernah cek kadar kalium, glukosa darah, hemoglobin?

Analisis singkat saya, boleh jadi karena jarang berolahraga dan seringnya terpapar asap rokok. Saran saya sederhana saja tingkatkan spiritualitas misal dengan membiasakan berdoa, bersyukur, serta beribadah dan berbuat kebaikan (dalam arti luas). Berpola hidup sehat, seimbang, serasi, dan selaras. Memarkir kendaraan agak jauh dari kantor sehingga dapat berjalan kaki, sebagai pengganti berolahraga. Perbanyak konsumsi air bening, buah-buahan segar, sayuran/lalapan, serta serat.


Biasakanlah memiliki rencana harian yang ditulis di kertas atau buku agenda kerja. Bila target di hari itu terpenuhi, maka manjakanlah dirimu dengan hal-hal yang menyenangkan, misalnya: membaca buku, makan coklat, berenang, pergi menonton bioskop bersama sahabat, dan sebagainya. Berkomunikasilah dengan para perokok yang berada satu ruang denganmu di kantor, lalu lakukan edukasi dengan santun bahwa kamu merasa kurang nyaman dengan asap rokok tersebut. Bila kondisi memang tidak memungkinkan untuk melakukan edukasi, maka berkomunikasilah dengan pimpinan bagaimana solusi terbaik.

Demikian solusi ini. Semoga bermanfaat dan mencerahkan. Salam sehat dan sukses selalu!

dr Dito Anurogo, penulis lebih dari 18 buku, sedang persiapan wisuda MSc dari S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit