detikhealth

Saran Pakar Agar Kolesterol Tak Melonjak Saat Menyantap Sate Kambing

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 01/09/2017 08:06 WIB
Saran Pakar Agar Kolesterol Tak Melonjak Saat Menyantap Sate KambingFoto: Detikcom
Jakarta, Nyam! Idul Adha selalu dipenuhi dengan hidangan daging dan segala macam yang mengandung lemak. Bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi, Anda harus waspada dan cermat dalam mengatur kesehatan tubuh.

Daging hewan qurban biasanya diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya dengan cara disate. Nah, ketua umum PERGIZI PANGAN Prof Dr Hardinsyah, MS, membagikan tipsnya dalam memakan sate yang aman.

Pertama-tama, yang harus diperhatikan adalah ukuran saji dari per satu tusuk sate. Pastikan bahwa konsumsinya tidak melebihi dari anjuran makan daging yakni 100 gram per hari.

Baca juga: Kolesterol Baik yang Terlalu Tinggi Juga Bisa Picu Risiko Kematian Lho

"Kalo Idul Adha kan dagingnya dipotongnya gede-gede, dipotong dadu ya, itu satu tusuknya bisa sampai 50 gram," ujar Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut.




Di samping memperhitungkan jumlah sate yang dikonsumsi, beliau juga menganjurkan untuk memilih bagian sate yang bebas dari lemak. Sebab, bukan dagingnya yang bisa meningkatkan kolesterol dengan cepat namun justru dari bagian lemak.

"Kan kalo bikin sate itu biasanya daging diseling lemak, itu sebaiknya dagingnya aja," imbau lulusan University of Queensland, Australia tersebut.

Selain itu, Dr Hardinsyah juga mengingatkan perlu adanya keseimbangan pola makan dengan tetap mengasup sayur dan buah-buahan yang kaya serat. Ditambah juga dengan konsumsi air putih yang cukup. Selamat berhari raya dengan nyaman dan sehat!

Baca juga: Lebaran Tiba! Catat Dulu Pesan Dokter Agar Kolesterol Tetap Terjaga

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit