detikhealth

Stres Siapkan Pernikahan? Ini Saran Psikolog Agar Tetap Bahagia Seperti Raisa

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 01/09/2017 16:09 WIB
Stres Siapkan Pernikahan? Ini Saran Psikolog Agar Tetap Bahagia Seperti RaisaStres saat mempersiapkan pernikahan wajar saja, tapi bisa ikuti saran psikolog untuk menghilangkannya. Foto: Instagram/bridestory
Jakarta, Mempersiapkan pernikahan tentu membutuhkan fisika dan mental yang kuat. Tidak jarang orang yang lelah mempersiapkan pernikahan, bahkan ada yang sampai mengalami stres.

Seperti Raisa, dalam persiapan pernikahannya ia berbagi dalam sebuah unggahan di Instagram. "Butuh beberapa hari untuk mencerna segala perasaan campur aduk setelah menjalani beberapa prosesi adat bersama keluarga terdekat. Rasanya luar biasa sekali," tulisnya pada akun @raisa6690.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani M.Psi mengatakan bahwa perasaan tersebut wajar dialami oleh seseorang yang akan menikah. Dan bisa saja menjadi stres, tapi stres yang dialami calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan adalah stres yang bersifat positif.

"Stres itu ada eustress atau yang positif, dan ada yang distress atau negatif. Nah yang ini eustress. Walau ribet, capek tapi senang mengerjakannya," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (1/9/2017).

Baca juga: Beda Usia 10 Tahun Seperti Raisa dan Hamish, Idealkah untuk Menikah?


Pernikahan Raisa dan Hamish akan digelar pada tanggal 3 September 2017.Pernikahan Raisa dan Hamish akan digelar pada tanggal 3 September 2017. Foto: Raisa dan Hamish Daud (Instagram Bridestory)


Wanita yang disapa Nina ini menjelaskan bahwa stres saat menghadapi pernikahan bisa berkurang bahkan mereda dengan cara-cara yang cukup mudah.

"Coba stop dulu apa yang kita lakukan, menutup mata, memperbaiki napas kita. Bernapas, lepaskan berulang kali sampai tenang. Itu P3K terbaik untuk membuat diri menjadi tenang," imbuhnya.

Dengan melakukan relaksasi seperti itu, Nina memastikan bahwa orang akan menghadapi suatu permasalahan dengan pikiran yang jernih. Dengan begitu, bisa dengan mudah menyelesaikannya.

Raisa mengusir stres dengan cara olahraga.Raisa mengusir stres dengan cara olahraga. Foto: Instagram Raisa


Sementara itu, cara Raisa lebih 'wow' untuk menghilangkan stresnya. Dilihat dari unggahan di Instagramnya, ia melepaskan penat jelang pernikahannya dengan cara berolahraga.

Kamu pilih yang mana untuk mengusir stres yang datang jelang pernikahan?

Baca juga: Mengintip Persiapan Fisik Raisa Jelang Pernikahan

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit