detikhealth

Cukup 25 Menit, Yoga Sudah Memberi Banyak Manfaat Lho

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Jumat, 08/09/2017 09:07 WIB
Cukup 25 Menit, Yoga Sudah Memberi Banyak Manfaat LhoYoga cukup 20 menit dan rasakan manfaatnya. Foto: thinkstock
Jakarta, Yoga merukapakan salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh. Nah, misalnya hanya dengan meluangkan waktu 25 menit dalam sehari ternyata bisa memberikan banyak manfaat pada otak.

"Mempraktikan hatha yoga dengan mindfulness meditasi selama 25 menit dalam sehari bisa meningkatkan fungsi otak secara signifikan," kata profesor dari Universitas of Waterloo di Kanada, Pater Hall.

Peneliti menemukan bahwa hatha yoga dan mindfulness meditasi bisa meningkatkan fungsi eksekusi otak dan kemampuan kognitif yang terkait dengan perilaku. Selain itu juga dapat meningkatkan keampuan dalam mengontrol respons emosional spontan, pola berpikir dan bertindak.

Baca juga: Tidak Harus di Atas Matras, Begini Inti Yoga yang Sebenarnya

Lebih lanjut, studi yang juga diterbitkan dalam jurnal Mindfulness ini menjelaskan hatha yoga dan mindfulness meditasi dilakukan dengan memusatkan pemrosesan kekuatan otak pada beberapa hal. Misalnya saja perpanapasan atau pose sehingga juga dapat mengurangi pengelolaan informasi yang tidak penting.

"Dua hal (yoga hatha dan mindfulness meditasi) ini mungkin memiliki dampak positif seketika setelah melakukannya. Misalnya seseorang menjadi lebih mudah fokus pada apa yang mereka hadapi sehari-hari," sambung Hall.

Hatha yoga sendiri merupakan jenis yoga yang merupakan gabungan dari asana, pranayam dan meditasi dan berkembang di negara barat. Yoga ini melibatkan pose fisik dan teknik pernapasan.

Baca juga: Variasi Yoga Unik untuk Mengisi Akhir Pekan(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit