detikhealth

Doyan Minum Kopi? Ini Sederet Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Selasa, 12/09/2017 07:06 WIB
Doyan Minum Kopi? Ini Sederet Manfaatnya Bagi Kesehatan KulitMinum kopi secukupnya dapat bermanfaat untuk kesehatan. Selain diminum, kopi bisa digunakan untuk perawatan kulit yang menyehatkan. Foto: Thinkstock
Jakarta, Bagi pecinta kopi, tidak salah memilih kopi sebagai minuman favoritnya. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi kopi secukupnya bermanfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya untuk diminum, kopi untuk perawatan kulit juga sangat bermanfaat. Misalnya dijadikan scrub atau pun masker untuk kulit wajah maupun kulit tubuh bagian lainnya.

Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, ini beberapa alasan kenapa kopi bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit:

Baca juga: Lagi, Dua Studi Baru Buktikan Peminum Kopi Cenderung Panjang Umur

1. Kaya akan antioksidan

Kopi adalah sumber antioksidan tinggi yang mampu menangkal kulit dari bahaya radikal bebas, apalagi polusi udara saat ini yang terbilang tidak sehat. Antioksidan pada kopi juga dapat melindungi dan memperkuat kulit.

2. Melindungi kulit dari ultraviolet

Sinar ultraviolet dari matahari bisa berbahaya bagi kulit bahkan dapat menyebabkan timbulnya penyakit kulit yang berbahaya. Kopi dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet tersebut serta melindungi dari zat karsinogen, yaitu yang menyebabkan kanker. Menurut sebuah penelitian, kopi benar-benar menghambat kerusakan pada DNA, sehingga terhindar dari melanoma.

Kopi bermanfaat bagi kesehatan kulit juga lhoKopi bermanfaat bagi kesehatan kulit juga lho Foto: thinkstock


3. Membuat kulit halus dan cerah

Kopi dapat berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit dan mengatur pertumbuhan sel-sel kulit kembali. Kopi juga dapat mempertahankan hidrasi pada kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Baca juga: Ini Dia Sederet Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh

4. Memperlancar peredaran darah

Kopi dapat memperlancar peredaran darah sehingga menyebabkan kulit lebih sehat. Selain itu juga bisa mengurangi pembengkakan pada jaringan kulit.(wdw/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close