detikhealth

Ini Olahraga yang Baik Bagi Orang dengan Gula Darah Tinggi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Selasa, 12/09/2017 13:06 WIB
Ini Olahraga yang Baik Bagi Orang dengan Gula Darah TinggiDokter menganjurkan untuk tidak melakukan olahraga yang berlebihan bagi orang dengan kadar gula darah meningkat seperti tersangka kasus e-KTP, Setya Novanto. Foto: thinkstock
Jakarta, Setya Novanto mangkir dari pemeriksaan KPK yang dijadwalkan kemarin, Senin (11/9/2017) karena kadar gula daranya meningkat usai berolahraga dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta Pusat.

Ketua DPR RI itu memang diketahui memiliki masalah degan kadar gula darah sejak lima tahun lalu. Namun sekarang alasan naiknya gula darah disebabkan karena olahraga.

Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan bahwa orang dengan gula darah di atas normal seharusnya tidak melakukan olahraga yang berlebihan.

"Olahraga berlebihan bisa mengalami defisit energi, men-trigger nafsu makan. Terlalu capek, butuh energi yang besar, maka nafsu makan meningkat. Jadi kadar gula darahnya naik," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (12/9/2017).

Baca juga: Kata Dokter Soal Olahraga dan Naiknya Kadar Gula Darah

dr Michael menganjurkan melakukan olahraga yang bukan termasuk high-impact yang dapat berisiko menimbulkan luka. Karena pada orang dengan kadar gula darah tinggi, luka bisa sulit untuk sembuh.

Tapi sebaliknya, disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti aerobik, tetapi bukan senam aerobik. Misalnya jalan cepat, jogging, berenang, jalan di kolam renang, dan olahraga lainnya.

"Aerobik itu olahraga yang berintensitas ringan, gerakannya berulang, dilakukan dalam jangka waktu panjang," imbuh dr Michael.

Perlu diingat bahwa olahraga bukan satu-satunya hal yang dapat mempengaruhi naiknya kadar gula darah. Asupan makanan, kondisi mental yang kurang baik seperti stres, dan hormonal juga dapat mempengaruhi.

Baca juga: Novanto Tak Penuhi Panggilan KPK, Ini Kata JK

(wdw/mrs)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit