detikhealth

Ingat! Olahraga Seharusnya Bikin Gula Darah Turun, Bukan Naik

Widiya Wiyanti - detikHealth
Selasa, 12/09/2017 15:32 WIB
Ingat! Olahraga Seharusnya Bikin Gula Darah Turun, Bukan NaikOlahraga seharusnya bisa menurunkan kadar gula darah, bukan sebaliknya. Foto: thinkstock
Jakarta, Setya Novanto, tersangka kasus e-KTP mangkir dari pemeriksaan KPK dengan alasan sakit, yaitu meningkatnya kadar gula darah usai melakukan olahraga. Apa komentar dokter?

Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO menyatakan hal sebaliknya.

"Teorinya olahraga menurunkan gula darah," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Selasa (12/9/2017).

Baca juga: Ini Olahraga yang Baik Bagi Orang dengan Gula Darah Tinggi

Olahraga akan mengembangkan sel-sel otot tubuh sehingga penggunaan insulin lebih efisien, maka gula darah pun bisa turun. Taetapi perlu diingat, untuk menurunkan kadar gula darah tidak perlu berlebihan dalam berolahraga.

"Jangan sampai olahraga malah jadi masalah, contohnya luka. Lagi lari, jatuh, luka. Lukanya enggak sembuh-sembuh," imbuh dr Michael.

Menurut dr Michael, olahraga adalah salah satu pilar untuk menurunkan gula darah, tapi bukan yang menjadi tumpuan. Masih ada faktor lain yang mempengaruhi, seperti asupan makanan, keadaan mental, dan hormonal.

"Yang kita butuhkan bukan gula darah normal, tapi yang optimal. Sifatnya lebih personal," tutupnya.

Baca juga: Kata Dokter Soal Olahraga dan Naiknya Kadar Gula Darah(wdw/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit