detikhealth

Mengenal Gejala Katarak pada Bayi yang Dialami Anak Asri Welas

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 09:05 WIB
Mengenal Gejala Katarak pada Bayi yang Dialami Anak Asri WelasIbran tengah melakukan pemeriksaan mata. (Foto: Dokumen Pribadi asri_welas)
Jakarta, Aktris sekaligus designer Asri Welas mau tak mau harus menelan pil pahit saat mengetahui anak keduanya, Rayyan Gibran Ridharaharja atau Ibran, yang lahir pada 12 April 2017 lalu terkena katarak.

Dikutip dari detikHot, melalui postingan Instagramnya Asri mengaku mengetahui hal itu setelah melihat adanya titik putih di tengah mata Ibran yang saat itu baru berusia tiga bulan. Bintang film 'Cek Toko Sebelah' itu lantas membawa Ibran ke dokter dan betul saja Ibran dinyatakan memiliki katarak di kedua bola matanya.

Baca juga: Dukungan dan Doa Netizen untuk Bayi Asri Welas yang Terkena Katarak

Terkait gejala katarak pada bayi, selain ditandai adanya manik mata yang berwarna putih atau seperti 'mata kucing', menurut dokter spesialis mata dari RS Universitas Brawijaya, Malang, dr Yasmin Sani A, SpM, tanda lain bayi mengalami katarak adalah bayi tampak kurang merespons terhadap ada tidaknya cahaya.

Apabila memiliki tanda-tanda tersebut pada mata bayi, dr Yasmin menyarankan untuk segera memeriksakannya pada dokter khususnya dokter spesialis mata.

"Nanti akan dilakukan pemeriksaan secara lengkap, termasuk cek laboratorium," pungkas dr Yasmin.

Baca juga: Selain Infeksi Saat Kehamilan, Katarak Seperti Bayi Asri Welas Bisa Disebabkan Hal Ini(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit