detikhealth

True Story

Kisah Pengidap Narkolepsi, Selalu Tertidur Saat Orgasme

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 19/09/2017 10:09 WIB
Kisah Pengidap Narkolepsi, Selalu Tertidur Saat OrgasmeIlustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Seorang ibu di Inggris mengalami kondisi langka yang disebut narkolepsi dengan katapleksi. Ia bisa mengalami kelemahan otot secara mendadak, lalu tertidur seketika saat mengalami emosi yang sangat kuat.

Termasuk di antaranya saat mengalami orgasme, perempuan bernama Jessica Southall ini bisa langsung tertidur seketika itu juga. Juga saat sedang menonton film komedi, sebab tertawa juga memicu serangan tidur baginya.

Akibat kondisinya tersebut, Jessica menghabiskan hingga 13 jam waktunya dalam sehari untuk tertidur.

Dikutip dari News.com.au, Jessica mengalami kondisi ini sejak usia 15 tahun. Ketika itu, ia mulai menyadari dirinya sering tertidur di kelas, di bus dan bahkan di tengah percakapan.

"Pada akhir pekan, saya baru bangun pukul 3 sore dan saya turun ke lantai bawah lalu tertidur lagi di sofa," tutur Jessica.

"Saya pikir orang akan mengira saya malas, tapi saya yakin ini tidak benar," tambahnya.

Baca juga: Si Cantik Kendall Jenner Ternyata Sering 'Tindihan'

Umur 16 tahun, ia mengalami serangan katapleksi pertamanya. Saat itu, ia sedang memegang dua cangkir teh lalu mendengar lelucon dari saudaranya. Seketika, ototnya melemah dan tanpa sadar Jessica menjatuhkan cangkir teh yang dipeganginya.

Lewat serangkaian tes, dia didiagnosis mengidap narkolepsi. Sebuah kondisi langka yang menyerang saraf, sehingga otaknya tidak bisa mengatur siklus tidur-bangun secara normal.

Anehnya, kondisi tersebut membaik dengan sendirinya saat Jessica mengandung anaknya setahun yang lalu. Hingga kini ia masih sering tertidur, tetapi tidak separah dulu.

Baca juga: Tren Foto Pejabat Tidur Jadi Viral, Pekerja Keras atau Hipersomnia?

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit