detikhealth

Sayang Keluarga, Iko Uwais Larang Tamu Merokok di Rumahnya

Erika Kurnia - detikHealth
Selasa, 19/09/2017 20:00 WIB
Sayang Keluarga, Iko Uwais Larang Tamu Merokok di RumahnyaIko Uwais melarang tamu merokok di rumahnya demi keluarga/Foto: Erika/detikHealth
Jakarta, Merokok adalah kebiasaan paling tidak sehat yang tidak hanya bisa mengancam pelakunya, tapi juga yang terpapar asap dan abunya. Hal ini disadari oleh aktor dan atlet silat Iko Uwais, yang berusaha melindungi keluarganya dari rokok dengan melarang tamu merokok di rumahnya.

Saat ditemui di Lounge Elite Fitness Club, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/2017), Iko Uwais mengakui bahwa aturan tersebut dibuat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan kasih sayangnya pada keluarga.

Baca juga: Cerita Ibu yang Bayinya Meninggal karena Pneumonia Akibat Asap Rokok

"Untuk melindungi keluarga saya, di rumah saya enggak sediakan asbak. Jadi otomatis kalau ada saudara atau teman ke rumah mau merokok, mereka harus keluar dan bikin asbak sendiri," katanya, Selasa (19/9/2017).

Hal itu diterapkan aktor film aksi Merantau dan Headshot ini, selain terus mendukung keluarganya untuk menjalani gaya hidup sehat dengan olahraga dan menjaga pola makan sehat.

Untuk diketahui, bahaya rokok dari abunya kini baru saja ditemukan oleh satu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Science. Hasil bakaran rokok yang berupa partikel kecil bisa merusak jaringan hati dan otak ketika terpapar melalui penyebaran udara atau benda-benda yang terkena.

Baca juga: Bukan Cuma Asap Rokok, Sisa Abunya Bisa Merusak Hati dan Otak(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit