detikhealth

Wajib Tahu! 3 Prinsip untuk Menghindari Stres di Tempat Kerja

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rabu, 20/09/2017 16:33 WIB
Wajib Tahu! 3 Prinsip untuk Menghindari Stres di Tempat KerjaAgar tidak mengalami stres ketika kerja, semua orang harus tahu mengani tiga prinsip utama. Foto: Getty Images
Jakarta, Stres sudah menjadi bagian dari problematika di tempat kerja. Dengan segudang pekerjaan dan berbagai tekanan dari atasan pasti membuat setiap orang menjadi stres bahkan depresi atau psikotik.

Menanggapi mengenai hal ini, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan RI, Dr dr Fidiansjah, SpKJ, MPH menyebutkan bahwa ada tiga prinsip yang wajib diketahui semua orang yang bekerja.

Tiga prinsip ini harus ada pada setiap orang agar permasalahan stres di tempat kerja ini mulai berkurang dari masa ke masa. Berikut tiga prinsip yang dibagikan oleh dr Fidiasnjah kepada detikHealth:

Baca juga: Awas! Dimarahi dan Tidak Diapresiasi oleh Bos Bisa Sebabkan Psikotik

1. Kemampuan beradaptasi

dr Fidiansjah mengatakan bahwa tanda-tanda orang yang memiliki jiwa yang sehat salah satunya memiliki kemampuan manajemen stres. Manajemen stres adalah sebuah kemampuan seseorang untuk beradaptasi pada setiap perubahan.

"Digambarkan seperti punahnya dinosaurus, yang dibutuhkan dinosaurus bukan kekuatan atau bukan besarnya bentuk fisik. Sehingga yang lebih tepat adalah makhluk hidup yang bisa bertahan adalah makhluk hidup yang bisa bertahan dengan kondisi perubahan apapun yang ada di lingkungannya. Artinya dinosaurus punah karena dia tidak bisa beradaptasi. Semut yang kecil dia bisa beradaptasi, sehingga dalam sepanjang kehidupan semut tetap ada. Itulah filosofi mendasar dalam menajemen stres. Itu prinsip pertama yang paling mendasar," jelasnya.

2. Tahu dan sadar akan kemampuan

Permasalahan ini pada beberapa orang terjadi dengan alasan ia bekerja karena keterpaksaan atau tidak adanya pilihan pekerjaan lain. Ketidakcocokan inilah yang akhirnya menimbulkan masalah pada kesehatan mentalnya.

"Padahal yang dibutuhkan di pekerjaan adalah 'right man on the right place'. Kemampuan pada setiap orang akan berkembang kalau dia tepat dan cocok dengan lingkungan pekerjaannya. Jadi kalau memang antara potensi yang dimiliki dengan lingkup pekerjaannya bukan sesuatu yang saling sinergi apalagi bukan sesuatu yang diminati, maka jangan paksakan," terang dr Fidiansjah.

Prinsip kedua ini adalah seseorang harus mampu dan sadar akan apa yang dimilikinya, sehingga bisa mengetahui kecocokan atau ketidakcocokan dengan ruang lingkup pekerjaan.

Baca juga: 7 Cara Terbaik untuk Atasi Burnout

3. Kemampuan berinteraksi

Berinteraksi adalah sebuah kebutuhan untuk seluruh makhluk hidup. Kemampuan ini lah yang menopang dua prinsip sebelumnya agar bisa berjalan segaimana mestinya.

"Tahap berikutnya adalah hidup dalam suatu tujuan itu tidak bisa direalisasikan sendiri. Sehingga dia harus punya kemampuan berinteraksi bersama dengan yang ada di lingkungan, baik itu dengan staf atau ke atas atau ke bawah," tutup dr Fijiansjah.

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit