detikhealth

Alasan untuk Tidak Berlebihan Minum Jus Buah Kemasan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 20/09/2017 18:37 WIB
Alasan untuk Tidak Berlebihan Minum Jus Buah KemasanFoto: Thinkstock
Jakarta, Banyak orang setuju bahwa mengonsumsi buah baik bagi kesehatan. Namun, ketika tidak memiliki waktu mengonsumsi buah segar atau yang dijadikan jus, jus dalam kemasan lantas jadi pilihan.

Jus buah kemasan yang dijual di pasaran dengan berbagai merk mengklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi apakah kandungan yang terdapat dalam jus buah kemasan sama sehatnya dengan mengonsumsi buah secara langsung?

"Secara keseluruhan buah menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain itu buah juga masuk dalam piramida makanan yang dianjurkan dikonsumsi serta kaya nutrisi. Tetapi jus buah bisa hilang nilai nutrisinya, biasanya jus ditambahkan gula sehingga kalorinya tinggi. Jika dalam satu gelas ditambahkan gula kalorinya bisa bertambah 3-4 kalori, nutrisi buah bisa jadi lebih rendah, seratnya pun jadi sedikit," ungkap ahli gizi dari Evolve Medspa, Ms Mansi Belani, seperti dilansir Times of India.

Tidak hanya itu, ia juga menunjukkan perbedaan antara konsumsi buah segar dengan jus buah. Buah segar mengandung banyak antioksidan seperti flavanol dan vitamin C. Sementara jus buah yang rasanya manis, bisa meningkatkan gula darah lebih cepat. Jus buah juga bisa menyimpan lemak dalam tubuh dan dapat meningkatkan berat badan.

Baca juga: Kelebihan Buah Segar Dibanding Jus Buah

Jika didinginkan, jus buah bisa tahan hingga dua tahun. Saat proses pembuatannya, jus buah akan dipanaskan. Nah perlakuan inilah yang dapat menghancurkan nilai gizi buah. Enzim dalam buah akan berubah pHnya dari basa menjadi asam, tujuannya untuk mengawetkan jus.

Terkait jus buah dalam kemasan, diungkapkan juga oleh penelitian dari University of Liverpool belum lama ini. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa setengah dari jus buah di pasaran mengandung gula dalam kadar tinggi. Dalam studi ini, peneliti mengambil 159 sampel jus buah dalam kemasan. Diketahui rata-rata mengandung gula 11 gram per 200 ml. Ada juga sampel yang mengandung gula 21 gram dan 26 gram per 200 ml.

Namun bila ingin mengonsumsi jus buah, sebaiknya buat sendiri jus buah di rumah. Ahli gizi lulusan University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND juga untuk menambahkan beberapa sayuran ke dalam jus buah dan hindari penambahan gula untuk mendapatkan manis yang alami sehingga jumlah kalori pada minuman ini tidak meningkat.

"Rekomendasi untuk buah adalah satu gelas jus buah segar setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang didapat dari buah. Akan tetapi tetap perlu memasukkan sayur-sayuran ke dalam makanan walau sudah memasukkan sedikit ke dalam jus," ungkap Victoria.

Baca juga: Ini Sebabnya Jus Buah Dianjurkan Segera Diminum Setelah Selesai Dibuat

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close