detikhealth

Hii! Eksperimen Ini Tunjukkan Pentingnya Cuci Tangan Sebelum Makan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 22/09/2017 09:17 WIB
Hii! Eksperimen Ini Tunjukkan Pentingnya Cuci Tangan Sebelum MakanAnjuran cuci tangan dengan sabun sebelum makan bukan petuah sembarangan. Seorang guru SMA menunjukkan apa yang terjadi jika tak cuci tangan sebelum makan. Foto: Donna Gill Allen/Facebook
Jakarta, Anjuran cuci tangan dengan sabun sebelum makan bukan petuah sembarangan. Seorang guru SMA menunjukkan apa yang terjadi jika tak cuci tangan sebelum makan.

Donna Gill Allen adalah seorang guru di Cape Fear High School, North Carolina, Amerika Serikat. Dalam salah satu kelasnya, ia membahas tentang bagaimana kuman menyebar dari tangan ke makanan, dan pentingnya mencuci tangan sebelum makan.

Baca juga: Gambar Ini Bikin Petugas Kesehatan Rajin Cuci Tangan, Bagaimana dengan Anda?

Untuk itu, ia melakukan eksperimen yang melibatkan seluruh murid. Pertama-tama, ia memasukkan satu potong roti tawar dengan menggunakan sarung tangan ke dalam kantong plastik kedap udara.

Roti pertama digunakan sebagai kelompok kontrol eksperimen ini, yang menandakan subjek eksperimen tidak mendapat stimulasi apapun. Setelah itu, ia mencuci tangan dengan sabun dan memasukkan roti kedua ke dalam kantong plastik bertuliskan 'tangan bersih.

Roti yang dimasukkan ke plastik, setelah sebelumnya dipegang oleh seluruh murid di kelasRoti yang dimasukkan ke plastik, setelah sebelumnya dipegang oleh seluruh murid di kelas Foto: Donna Gill Allen/Facebook

Potongan roti terakhir ia edarkan ke kelas dan meminta seluruh murid untuk memegangnya. Roti yang ketiga dimasukkan ke dalam kantong plastik terakhir yang bertuliskan 'tangan kotor'.

Setelah tiga hari, sudah mulai tampak perubahan yang terjadi pada roti-roti tersebut. Roti pertama yang dimasukkan dengan sarung tangan dan roti kedua yang dimasukkan dengan cuci tangan tidak mengalami perubahan berarti.

Roti yang dimasukkan ke kantong plastik dengan tangan bersih setelah cuci tanganRoti yang dimasukkan ke kantong plastik dengan tangan bersih setelah cuci tangan Foto: Donna Gill Allen/Facebook

Namun roti ketiga yang dipegang seluruh murid dan bertuliskan 'tangan kotor' nampak mulai membusuk. Donna menjelaskan hal ini terjadi akibat kuman-kuman yang berkembang biak akibat tidak mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan.

"Perhatikan bagaimana roti-roti ini berubah seiring berjalannya waktu. Eksperimen ini cukup menyenangkan dan merupakan cara yang baik untuk mengajarkan pentingnya cuci tangan pada anak," ungkap Donna di laman Facebooknya.

Roti yang dimasukkan ke kantong plastik menggunakan sarung tanganRoti yang dimasukkan ke kantong plastik menggunakan sarung tangan Foto: Donna Gill Allen/Facebook

Postingan Donna pun viral di internet, dan sudah dibagikan lebih dari 75 ribu kali. Sebagian besar memuji betapa kreatifnya Donna dalam mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan. Sebagian lainnya mengaku ingin mencoba apakah hasil yang sama akan muncul jika mereka mencobanya.

Mencuci tangan adalah anjuran dasar untuk menjaga kesehatan. Dengan mencuci tangan, risiko penularan penyakit seperti diare dan influenza bisa berkurang drastis. Bagaimana dengan teman detik? Masih ingin makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu?



Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Dianjurkan untuk Mencuci Tangan? Ini Kata Pakar


(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close