detikhealth

5 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Didapat Para Jomblo

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sabtu, 23/09/2017 14:03 WIB
5 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Didapat Para JombloMenjadi single itu ternyata ada lima manfaat luar biasa yang bisa buat bahagia. Foto: Thinkstock
Jakarta, Apa masalahnya dengan kesendirian? Menjadi single atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan jomblo malah memiliki manfaat yang begitu baik untuk tubuh.

Dilansir dari New York Post, Sabtu (23/9/2017), data di Inggris dan Wales pada tahun 2011 menunjukkan bahwa ada sekitar 51 persen orang dewasa yang menjomblo.

Jadi apa saja kah manfaat yang bisa didapat dari menjadi single? Berikut detikHealth rangkum dari beberapa sumber:

1. Bisa lebih bersosialisasi

Menjadi single berarti tidak memiliki tanggungjawab terhadap orang lain. Itu artinya kamu memiliki banyak waktu untuk pergi dan mengobrol dengan orang-orang kapanpun yang kamu suka.

"Jomblo menghabiskan lebih banyak waktu berhubungan dengan orang lain, baik secara pribadi maupun melalui media lainnya," ujar psikolog yang menulis buku 'Psychology Today', Bella DePaulo.

Baca juga: 1 dari 3 Jomblo Lebih Pilih Makanan Ketimbang Seks

2. Tubuh menjadi ramping

Ini yang disukai para wanita jomblo. Pasalnya menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family pada tahun 2015 menunjukkan bahwa jomblo dewasa memiliki berat badan yang lebih rendah. Di lain pihak, orang yang memiliki pasangan cenderung berat badannya meningkat.

Penelitian lain di Universitas Washington mengungkapkan bahwa orang mengalami penurunan berat badan mendadak setelah putus atua bercerai. Para jomblo dianggap lebih kurus karena mereka ingin tampil terbaik untuk menarik pasangan baru.

3. Lebih banyak waktu untuk 'me time'

Yang single memiliki lebih banyak waktu untuk memanjakan dirinya sendiri, seperti liburan, berolahraga, perawatan tubuh, dan lainnya.

Dikutip dari Business Insider UK, orang single menghabiskan rata-rata 5,56 jam sehari untuk 'me time', sedangkan yang memiliki pasangan hanya memiliki waktu sekitar 4,87 jam.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa memiliki waktu 'me time' dapat mengurangi stres sehingga meningkatkan kesehatan mental.

4. Memiliki waktu tidur cukup

Sebuah suvei oleh Amerisleep menemukan bahwa jomblo lebih banyak memiliki waktu tidur, yaitu sekitar 7,13 jam semalam, sedangkan yang memiliki pasangan memiliki waktu tidur 7,07 jam dan yang telah menikah hanya 6,71 jam.

Orang yang memiliki waktu tidur cukup dan nyenyak cenderung lebih sehat, berat badan lebih ideal, dan memiliki energi yang tercukupi.

Baca juga: 5 Langkah Cegah Kesepian dan Tetap Happy Meski Jomblo

5. Lebih sedikit memiliki utang

Memiliki pasangan berarti memiliki pengeluaran yang lebih banyak dibandingkan hanya untuk diri sendiri. Menjomblo artinya tabungan aman dan jauh dari masalah tekanan utang.(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit