detikhealth

Idap Sindrom Langka, Pria Ini Kena Serangan Jantung Hanya karena Tawon

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 24/09/2017 11:07 WIB
Idap Sindrom Langka, Pria Ini Kena Serangan Jantung Hanya karena TawonFoto: Getty Images
Jakarta, Sengatan tawon kecil atau wasp biasanya tidak memicu dampak serius, paling-paling nyeri dan sedikit bengkak. Namun pada pria ini, sengatan hewan kecil tersebut bisa memicu serangan jantung yang mematikan.

Pria 45 tahun di Inggris ini mengidap Kounis Syndrome, atau disebut juga allergic myocardial infarction. Baginya, tawon bisa memicu reaksi alergi yang disertai gejala nyeri dada atau angina, yang merupakan gejala serangan jantung.

Pada pria ini, sengatan tawon tidak hanya memicu gatal dan bengkak. Tak lama sesudah lengannya disengat tawon, ia mengalami nyeri yang menjalar hingga bahu dan punggung. Dalam perjalanan menuju rumah sakit, ia mengalami serangan jantung.

Para petugas berhasil memberikannya pertolongan pertama, namun dokter masih penasaran dengan penyebab pasti serangan jantung yang dialami di pria. Menurut hasil penelusuran, seperti dikutip dari Live Science, pria ini beberapa kali mengalami sengatan tawon tetapi baru kali ini disertai serangan jantung.

Baca juga: Demi Ilmu Pengetahuan, Peneliti Ini Relakan Mr P Disengat Lebah

Menurut dokter, pria ini punya kecenderungan genetik untuk mengalami penyakit alergi. Termasuk di antaranya asma dan eksim. Namun sebelum-sebelumnya, alergi yang muncul tidak pernah separah ini.

Di sisi lain, pria ini juga punya riwayat yang berhubungan dengan risiko serangan jantung. Selama 30 tahun, pria ini merokok hingga sebungkus tiap hari, dan mengalami penumpukan plak di pembuluh darah yang memang meningkatkan risiko serangan jantung.

Baca juga: Kena Efek Langka Sengatan Tawon, Pria Ini Terserang Stroke

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit