detikhealth

Ketika Pengendara Motor yang Merokok Ditegur Operator CCTV di Bandung

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 27/09/2017 16:10 WIB
Ketika Pengendara Motor yang Merokok Ditegur Operator CCTV di BandungPria ini ditegur oleh petugas CCTV karena merokok sambil naik motor. (Foto: Facebook/Didi Ruswandi)
Jakarta, Bandung menerapkan Area Traffic Control System (ATCS) dengan memasang kamera CCTV yang dilengkapi pengeras suara di jalan-jalan. Dengan alat tersebut petugas pun jadi bisa mengawasi dan langsung menegur bila terjadi pelanggaran.

Nah terkait hal tersebut beredar sebuah rekaman CCTV di mana petugas menegur seorang pengendara motor yang merokok. Petugas meminta sang pengendara untuk segera mematikan rokok karena membahayakan pengendara lain di sekitarnya.

Baca juga: Ragam Teguran Nyeleneh dari Operator CCTV 'Bersuara' di Bandung

"Untuk Anda yang merokok harap matikan rokoknya karena itu membahayakan pengendara lain. Sekali lagi untuk Anda yang merokok harap matikan rokoknya," ujar petugas.

Awalnya sang pengendara motor diam saja, entah karena tidak tahu atau memang tidak peduli. Namun lama-lama ia patuh juga dan membuang rokoknya ke aspal. Langsung saja sang pengendara kembali ditegur karena telah membuang sampah sembarangan.

"Terima kasih dan tolong ambil puntungnya kang. Puntungnya untuk dipungut kang, itu sampah Anda sendiri. Terima kasih banyak," kata petugas.

Pengendara motor pun memungut kembali puntung rokoknya. Pengendara motor pun memungut kembali puntung rokoknya. Foto: Facebook


"Mohon untuk yang lain tidak merokok saat berkendara karena membahayakan pengendara lain. Tetap tertib dan disiplin, utamakan keselamatan bukan kecepatan," lanjutnya.

Bahaya merokok sambil berkendara memang bukan sekedar omongan saja. Sebagai contoh seorang pengguna Facebook Rendhy Maulana pernah mengunggah fotonya dengan kondisi mata sedang diperban karena terkena bara rokok di jalan dan mengalami iritasi parah.

"Sekarang sudah saya buka (perbannya -red) walau masih blur. Buram kaya mata kalau dijerengkan dengan sengaja kan berbayang," kata Rendhy ketika dihubungi detikHealth yang kisahnya menjadi viral bulan Mei lalu.

Rendhy yang matanya terkena bara rokok ketika sedang berkendara.Rendhy yang matanya terkena bara rokok ketika sedang berkendara. (Foto: Facebook/Rendhy Maulana)


Baca juga: Cerita Viral Pria yang Matanya Kena Bara Rokok Saat Bermotor(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit