detikhealth

Masih Soal Lelang Keperawanan, Ini Komentar Dokter Kandungan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 28/09/2017 08:53 WIB
Masih Soal Lelang Keperawanan, Ini Komentar Dokter KandunganFoto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta, Baru-baru ini situs nikahsirri.com menghebohkan banyak orang karena menawarkan 'lelang' keperawanan. Uniknya, ada sejumlah orang yang tertarik dan tergabung dalam situs tersebut demi mendapatkan perawan ting-ting.

Jika keperawanan diartikan sebagai selaput dara yang utuh, sebenarnya apa kelebihannya dibandingkan dengan yang masih 'tersegel'?

Dalam dunia kedokteran, keperawanan menurut Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi, Dr dr Julianto Witjaksono, SpOG-KFER MGO, punya definisi tersendiri. Ini dilihat dari kondisi keutuhan hymen atau membran yang menyelimuti luar vagina.

"Tapi itu sangat sulit ya (mengetahui virgin atau tidaknya) sekalipun saya sendiri sebagai dokter kebidanan," ujarnya di sela acara diskusi di Cikini, Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Soal Pasien Kanker Payudara yang Viral, RS Fatmawati Angkat Bicara




Namun, perlu diingat bahwa robeknya hymen, atau biasa disebut selaput dara, bukan hanya disebabkan oleh penetrasi saat berhubungan seks. Kegiatan lainnya seperti cedera atau trauma bisa menjadi penyebab hymen menjadi tidak utuh lagi.

Selain itu, dijelaskan oleh dokter dari Siloam Hospitals ini, kondisi keutuhan selaput dara sendiri tidak akan berpengaruh pada proses reproduksi seseorang ke depannya. Sehingga, dapat diartikan keperawanan sendiri tidak memiliki perbedaan yang cukup berarti bagi sistem reproduksi seseorang.

"Ga ada yang berubah atau berbeda. Ya hymen kan atau selaput dara hanya menggambarkan bahwa vagina itu masih utuh lah. Tapi ga selalu juga dalam hubungan intim pertama akan pecah," tutupnya.

Baca juga: Heboh Lelang Keperawanan, Ini Kata Para Pria tentang Keperjakaan

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit