detikhealth

Ekstensi Bulu Hidung Tren Kekinian yang Tak Perlu Dicoba

Erika Kurnia - detikHealth
Rabu, 11/10/2017 09:41 WIB
Ekstensi Bulu Hidung Tren Kekinian yang Tak Perlu DicobaFoto: Instagram
Jakarta, Tren kecantikan dapat dengan mudah menyebar melalui media sosial. Termasuk tren aneh sekalipun seperti pemasangan ekstensi bulu hidung. Menurut dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT), tren yang membuat penasaran seperti ini tak perlu dicoba.

Seperti yang terlihat, pemasangan bulu artifisial di ujung lingkaran lubang hidung hanya unik dari penampilan tapi tidak memastikan kenyamanan, kata dr. Rini Febrianti, Sp.THT-KL saat dihubungi DetikHealth.

"Mengerikan, ya," ujarnya.

"Dari segi estetis pasti tidak nyaman," lanjutnya.

Selain dari segi estetis, dr. Rini juga mencoba menilai tren tersebut dari segi fungsi dan manfaat.

"Sama Tuhan kita sudah diciptakan bulu hidung yang diciptakan untuk menyaring udara dan mempertahankan kelembaban di rongga hidung. Sementara ekstensi artifisial ini fungsinya berbeda," tuturnya.

Baca juga: Hati-hati! Salah Perawatan, Bulu Hidung Bisa Picu Mimisan

Menurut banyak pemberitaan, orang yang menggagas tren aneh ini adalah pemilik akun Instagram @gret_chen_chen. Dia memasang beberapa foto dirinya bersama bulu mata palsu yang ditempel sedemikian rupa di ujung lubang hidungnya. Sejumlah vlogger kecantikan yang meniru trennya, walau kebanyakan hanya karena rasa penasaran dan lelucon saja.

Meski demikian, dokter tetap tidak merekomendasikan hal tersebut untuk dicoba. Apalagi karena adanya benda iritan yang dilibatkan.

"Untuk menempelkan bulu ekstensi palsu itu kan pasti perlu lem. Kalau itu dipasang di bagian selaput hidung, kemungkinan buruknya adalah iritasi," pungkasnya.

Baca juga: Sedang Ngetren Ekstensi Bulu Hidung, Ini Pesan Dokter THT

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit